Erick Thohir Ingin Pastikan Wasit Kompeten Pimpin Pertandingan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 07 Juli 2023
Erick Thohir Ingin Pastikan Wasit Kompeten Pimpin Pertandingan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat diwawancara awak media di Hotel Shalva, Jakarta, Jumat (7/7). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau hari terakhir kegiatan VAR Education di Hotel Shalva, Jakarta, Jumat (7/7). Erick ingin memastikan para wasit bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

VAR Education tahap pertama berlangsung pada 5-7 Juli. Agenda ini diikuti 42 wasit, yang terdiri dari 18 wasit Liga 1 dan 24 wasit yang bertugas di Liga 2.

Banyak materi dalam agenda tersebut. Seperti VAR Protokol Basics, Var New Way to Decide, VAR Line, Intervention Challenges, Intervention Hand Ball, hingga Intervention Fouls. Beragam materi itu dijelaskan selama dua hari oleh VAR Lead Instructure dari FIFA, Subkhidin.

"Kami ingin pastikan para wasit siap, punya kemampuan dan juga confident (kepercayaan diri). Karena itu dalam training saya jelaskan, saya kasih pandangan ke depan mengenai perwasitan kita harus lebih baik," kata Erick.

"Kenapa? karena ini menjadi kunci. Kalau perwasitan kita tidak ada peningkatan, jalannya pertandingan tidak akan maksimal," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Gara-gara Trik PSM, Thomas Doll Minta PSSI Ajak Wasit Nonton Pertandingan Klub Eropa

Luis Milla Nilai Arema FC Punya Fisik dan Transisi Bagus, Waspada Persib

Arema FC Berstatus Musafir Lawan Persib, Tak Masalah

Peningkatan kualitas para pengadil pertandingan termasuk penerapan VAR di Liga 1 dan Liga 2 memang jadi atensi Erick Thohir sejak menjadi Ketua Umum PSSI. Hal ini juga yang melatarbelakanginya memimpin langsung Komite Wasit PSSI.

"Ini tidak lain untuk menyemangati (bahwa) kami (PSSI) peduli kepada mereka (wasit)," ucapnya.

Erick juga mengapresiasi gerak cepat dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator Liga 1 dan Liga 2 dalam mengupayakan penerapan VAR secepat mungkin di kompetisi. Uji coba penerapan VAR rencananya dilakukan mulai Februari 2024.

"Saya berharap pemerintah bisa membantu renovasi 16 stadion yang bisa untuk Liga 1 dan sudah ada sistem VAR-nya nanti. Kalau SUGBK, Dipta, Manahan, sudah punya (sistemnya). Akan tetapi, yang lain harus dimaksimalkan. Akan kami dorong agar ada perbaikan," tutur Erick.

Butuh Tiga sampai Empat Kali Pelatihan Lagi

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan VAR Education ini merupakan tahap pertama. Ke depan masih akan beberapa pelatihan lagi yang akan digelar.

"Karena memang role play dan implementasi (VAR) ini. Namanya role play (yaitu) latihan untuk memimpin, latihan berekspresi menggunakan VAR, 'kan tidak mudah karena dari kebiasaan membawa diri, sekarang harus banyak berkomunikasi, harus memulai membuat peragaan-peragaan (tanda atau isyarat VAR-Red)," ujar Ferry.

Dari pelatihan tahap pertama ini, Ferry menilai berjalan cukup baik. Instruktur dari FIFA memberikan penjelasan yang dapat dipahami para wasit.

"Nanti mungkin dalam satu sampai dua pekan ke depan akan training lagi dan terus berlanjut pada kesiapan kita. Kalau lihat timeline dengan proses yang ada, rasanya kami cukup optimistis untuk (penggunaan VAR) on time sesuai jadwal (mulai Februari 2024," jelas Ferry Paulus.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB VAR Erick thohir Ferry paulus Liga 1 Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan