Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Vietnam Pede Kejutkan Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 Maret 2024
Pelatih Vietnam Pede Kejutkan Timnas Indonesia
Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier, optimistis mampu memberikan kejutan saat menghadapi Indonesia pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3).

Troussier mengatakan laga melawan Timnas Indonesia sangat penting. Vietnam yang menempati peringkat dua klasemen sementara Grup F ingin mempertahankan posisinya dengan cara meraih poin maksimal dari laga kontra Skuad Garuda.

Sebab, jika menelan kekalahan dari Timnas Indonesia, posisi The Golden Star Warriors bakal turun. Vietnam hanya unggul dua poin dari Indonesia yang berada di dasar klasemen (peringkat empat).

"Pertandingan besok sangat penting, karena menentukan tujuan kami melanjutkan kiprah ke putaran ketiga. Setiap tim di grup ini punya empat laga sisa dan dua pertandingan di bulan Maret menjadi penentu," kata Troussier dalam konferensi pers di SUGBK, Jakarta, Rabu (20/3).

"Ini menjadi tantangan bagi kedua tim yang sama-sama punya tujuan. Vietnam unggul dua poin atas Indonesia dengan dua laga tersisa di kandang."

"Sedangkan Indonesia punya tiga laga sisa di Stadion Gelora Bung Karno. Kami akan berusaha mencapai target dan mengatasi tekanan di stadion yang penuh suporter. Terpenting, para pemain Vietnam sudah siap," ujar Troussier.

Baca Juga:

Lahirnya Rivalitas Baru Indonesia Vs Vietnam

Persiapan Oke, Timnas Indonesia Target Menang dengan Banyak Gol Lawan Vietnam

Troussier tak menampik bahwa Timnas Indonesia lebih diunggulkan dalam pertemuan kali ini. Selain menjadi tuan rumah, Tim Merah-Putih juga unggul di pertemuan terakhir kedua tim.

Timnas Indonesia dan Vietnam bertemu pada babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang dalam laga tersebut berkat gol tunggal Asnawi Mangkualam Bahar melalui titik putih.

Namun, menurut Troussier, hasil itu tidak bisa dijadikan tolok ukur kekuatan Vietnam. Dia meminta publik fair menilai penampilan Vietnam di pertandingan tersebut.

"Saya sering mengatakan bahwa kita harus melihat secara objektif antara performa di lapangan dan hasil. Terkadang menang tidak berarti bermain bagus, dan kalah tidak berarti bermain buruk. Saya tahu fans mengharapkan hasil yang baik, tapi saya adalah pelatih kepala dan saya harus mengakui ketika para pemain melakukan dengan baik atau tidak baik," tutur Troussier.

Troussier optimistis para pemain yang dia bawa ke Jakarta akan memberikan penampilan terbaik. Meski dua kali juara Piala AFF itu tidak turun dengan skuad lengkap, karena tidak diperkuat oleh Dang Van Lam, Doan Van Hau, sampai Nguyen Tuan Anh.

"Para pemain sudah melakukan semaksimal mungkin dan Vietnam mungkin kurang beruntung. Tim terus berbenah agar bisa tampil lebih baik. Skuad yang saya bawa ke Indonesia adalah skuad yang telah dipersiapkan dengan baik untuk 21 dan 26 Maret."

"Saya sudah menghitung pemain utama dan cadangan untuk melakukan terobosan. Dengan persiapan yang matang, saya yakin kami bisa menciptakan kejutan dan merasakan momen indah," tutup pelatih asal Perancis tersebut.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Philippe Troussier Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.402

Bagikan