Olimpiade Tokyo 2020: Inovasi Jepang yang Manjakan Atlet

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 03 Agustus 2021
Olimpiade Tokyo 2020: Inovasi Jepang yang Manjakan Atlet
Kendaraan tanpa awak di Olimpiade Tokyo 2020 (twitter)

BolaSkor.com – Sebagai salah satu negara dengan tingkat teknologi tinggi, Jepang turut memodernkan Olimpiade kali ini. Melalui inovasi yang ada, para atlet yang berkompetisi dimanjakan hingga tidak perlu repot dalam beraktivitas.

Salah satunya dalam hal mobilitas. Misalnya adanya kendaraan tanpa awak di sekitar perkampungan atlet. Dengan fasilitas ini para atlet dapat berangkat ke arena tanpa perlu repot mencari kendaraan.

Selain itu Jepang bekerja sama dengan Toyota menghadirkan robot penolong di lapangan. Hal ini dimaksud untuk mempermudah atlet ketika mengambil peralatan olahraganya.

Baca Juga:

Olimpiade Tokyo 2020: Kalahkan Meksiko, Brasil Melaju ke Final

Betapa Bahagianya Menpora Sambut Emas Greysia/Apriyani

5 Penampil Terbaik dari Fase Grup Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Tidak hanya itu saja, para atlet yang berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020 ini juga tidak perlu repot-repot membawa barang bawaannya. Pasalnya terdapat jasa transportasi aman yang memudahkan atlet membawa barang bawaan.

Jasa transportasi ini akan dibekali dengan sistem berbasis QR. Nantinya barang yang dibawa dapat dilacak sekaligus diantarkan dari bandara hingga tempat tujuan atlet tersebut.

Sektor infrastruktur informasi pun tidak ketinggalan dalam menampilkan inovasinya. Kali ini Olimpiade Tokyo 2020 dibekali dengan teknologi 5G secara luas agar masyarakat dapat dengan cepat menikmati fasilitas internet.

Bahkan mereka juga dapat menikmati setiap pertandingan dengan cara yang unik. Pertandingan yang diselenggarakan akan disiarkan melalui tayangan resolusi ultra-high dan juga dapat menggunakan teknologi Artificial Reality (AR).

Sistem Virtual Reality juga disematkan dalam sistem latihan. Melalui VR ini efektifitas latihan akan meningkat karena dapat memunculkan pengalaman yang realistik serta menyediakan saran dari para atlet ketika melakukan latihan.

Efektifitas ini didapat melalui atmosfer venue yang kompetitif yang disajikan dalam bentuk digital. Alhasil akan terpampang jelas data mengenai latihan, rencana, simulasi, dan lainnya.

Sebagai negara yang memiliki kasus gempa bumi tinggi, Jepang juga sudah melakukan persiapan melalui inovasinya. Diantaranya dengan menyediakan sistem canggih untuk mengurangi dampak getaran dan juga kerusakan pada beberapa venuenya jika tiba-tiba terjadi gempa.

Untuk menjaga kesehatan staf serta para volunteer akibat padatnya kegiatan, Jepang membekali mereka dengan alat khusus berteknologi canggih. Melalui alat ini, para petugas dan staf dapat memonitor suhu tubuh serta detak jantung. Informasi ini dikoneksikan dengan sensor yang terletak di dekat arena. Sensor ini lantas akan mengingatkan staf dan dan petugas jika tiba-tiba tingkat kesehatan menurun.

Penulis: Bintang Rahmat

Olimpiade 2020 Olimpiade Tokyo 2020
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.782

Bagikan