Nostalgia: Jatuh Bangun Persiapan Olimpiade Modern Pertama pada 1896

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 15 April 2020
Nostalgia: Jatuh Bangun Persiapan Olimpiade Modern Pertama pada 1896
Olimpiade 1896. (Arsip IOC)

BolaSkor.com - Di Yunani kuno, terdapat tradisi bagi pria-pria untuk adu kejantanan setiap empat tahun sekali. Pria-pria tersebut bakal bertanding mewakili kota masing-masing dalam sebuah perlombaan guna menghormati dewa tertinggi, Zeus.

Sayangnya tradisi yang bernama Olimpiade itu mulai dihapuskan pada tahun 393, setelah Raja Romawi, Theodosius I, memerintahkan seluruh rakyat kerajaan tersebut memeluk Agama Nasrani. Tentunya Olimpiade yang dianggap ritual untuk Zeus termasuk di antaranya.

Pada akhir abad ke 19, sejumlah pencinta olahraga di Eropa mulai mengusulkan agar Olimpiade kembali digelar. Puncaknya pada 23 Juni 1894, ketika Komite Olimpiade Internasional (IOC) berdiri di Paris. Mereka memutuskan bakal menggelar Olimpiade modern dua tahun kemudian.

Melalui pertemuan yang melibatkan diskusi panjang, akhirnya disepakati Yunani yang bakal menjadi tuan rumah Olimpiade perdana tersebut. Keputusan itu diambil karena negara tersebut merupakan tempat lahirnya Olimpiade.

Baca Juga:

Teori Konspirasi Olimpiade 2020 dan Bantahan IOC

Tak Bisa Latihan di Ruang Publik, Tim Balap Sepeda Ingin Punya Fasilitas Virtual Training

Olimpiade 1896

Media, keluarga kerajaan, dan masyarakat Yunani pun merasa senang dengan kembalinya Olimpiade ke negara mereka. Putra Mahkota Yunani saat itu, Constantine, langsung menunjuk Athena sebagai tempat berlangsungnya ajang tersebut.

Tak sampai di situ, Constantine langsung menyatakan diri sebagai Presiden Komite Olimpiade 1896. Sayangnya kala itu Yunani tengah mengalami masalah keuangan. Bahkan, beberapa petinggi negara tidak yakin bisa menggelar Olimpiade.

Merupakan tugas Constantine untuk mencari tambahan dana untuk menggelar Olimpiade 1896. Constantine pun mengambil tindakan denan mengandakan patriotisme masyarakat Yunani hingga akhirnya bisa menggelar ajang itu.

Menjelang penyelenggaraan Olimpiade 1896 terdapat aturan bahwa semua atlet yang berpartisipasi pada ajang tersebut harus berstatus amatir. Menariknya, seluruh atlet yang bertanding di Olimpiade pertama itu (241 atlet) semuanya adalah lelaki.

Pada 6 April, pembukaan Olimpiade pertama berlangsung. Hari itu sekaligus kemerdakaan Yunani. Sekitar 80.000 orang hadir pada acara yang dibuka oleh Raja Yunani saat itu, George I, bersama anak-anaknya.

Olimpiade Breaking News Nostalgia Yunani
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan