Najwa Shihab Beberkan Alasan Mau Turun Gunung Jadi Anggota Satgas Antimafia Bola

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 September 2023
Najwa Shihab Beberkan Alasan Mau Turun Gunung Jadi Anggota Satgas Antimafia Bola
Najwa Shihab (tengah) menerima tawaran menjadi anggota Satgas Anti-mafia Bola. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Jurnalis senior Najwa Shihab masuk dalam Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola. Najwa kemudian membeberkan alasannya mau menerima tawaran tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan pembentukan Satgas Antimafia Bola di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (20/9). Satgas dibentuk atas permintaan Presiden Joko WIdodo (Jokowi) yang mendorong pembenahan sepak bola nasional secara bersih dan menyeluruh, terutama yang terkait dengan praktik pengaturan skor.

Untuk menjaga independensi, satgas ini dipimpin oleh Maruarar Sirait yang pernah menjabat sebagai Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2015-2019. Lalu sebagai anggota bercokol nama jurnalis senior Najwa Shihab, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana dan Ketua Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali.

Najwa mengatakan dirinya mau menerima tawaran masuk sebagai anggota satgas karena ada jaminan independensi. Satgas Anti-mafia Bola itu pun tidak dapat diintervensi siapa pun, termasuk PSSI.

"Ketika diminta Mas Erick Thohir, yang pertamakali saya tanyakan, apakah ini independen dan diberikan oleh Mas Erick jaminan independensi," kata Najwa Shihab, Rabu (20/9).

Baca Juga:

Erick Thohir Umumkan Pembentukan Satgas Antimafia Bola, Ada Najwa Shihab

FIFA Beri Target PSSI, Penonton Piala Dunia U-17 2023 Minimal 10 Ribu Tiap Pertandingan

Menurut Najwa, independensi dalam satgas ini sangat krusial supaya bisa bekerja maksimal untuk membongkar praktik mafia bola, terutama dugaan pengaturan skor. Bahkan, satgas punya kewenangan memeriksa pengurus PSSI termasuk Erick Thohir jika ada indikasi keterlibatan dalam mafia bola.

"Itu yang diberikan jaminan oleh Mas Erick, bahkan tadi sampai sejauh kalau ada indikasi keterlibatan, bukan hanya pengurus saat ini, bahkan Ketum PSSI sendiri secara terbuka diperiksa," ucap Najwa.

Najwa menyampaikan keterbukaan ini merupakan perubahan yang cukup menggembirakan dalam tata kelola sepak bola Indonesia. Dia juga mengapresiasi keterbukaan PSSI era Erick Thohir dalam mengatasi masalah laten ini.

"Setelah ada peran lebih jauh dari alat negara, tetapi juga federasi yang membuka diri untuk sama-sama melihat apa problem yang ada dan membenahi, itu bukan hanya karena dorongan dari luar, tetapi juga niat dan dorongan dari dalam," ujar Najwa.

Pssi Erick thohir Najwa Shihab Breaking News Satgas Anti Mafia Bola
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.315

Bagikan