FIFA Beri Target PSSI, Penonton Piala Dunia U-17 2023 Minimal 10 Ribu Tiap Pertandingan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 September 2023
FIFA Beri Target PSSI, Penonton Piala Dunia U-17 2023 Minimal 10 Ribu Tiap Pertandingan
Aksi suporter saat mendukung Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap masyarakat dan pencinta sepak bola di Indonesia antusias menyambut Piala Dunia U-17 2023. Sebab, FIFA memberikan target kepada PSSI terkait jumlah kehadiran suporter di setiap pertandingan.

"Memang kami itu ada target dari FIFA, kurang lebih 10 sampai 18 ribu penonton untuk setiap pertandingan," kata Erick Thohir di Jakarta.

Karena itu, Erick bersyukur dengan hasil undian Piala Dunia U-17 2023 yang dilangsungkan di markas FIFA di Zurich, Swiss, pada 15 September kemarin.

Dalam undian itu, Timnas Indonesia U-17 ditempatkan di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Grup itu, kata Erick, terbilang cukup bagus untuk Timnas Indonesia U-17 karena ada kans meraih kemenangan sehingga bisa membuat suporter tertarik menyaksikan pertandingannya secara langsung.

"Tentu daya dongkrak daripada penonton yang ada di timnas itu menjadi penting juga untuk pemerataan daripada penjualan tiket," tutur Erick Thohir.

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Babak Penyisihan Piala Dunia U-17 2023

Sinergisitas PSSI dan Polri Amankan Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023

FIFA Berkantor di Indonesia pada 10 Oktober Jelang Piala Dunia U-17 2023

Hal itu pula yang mendasari penentuan venue dilakukan setelah drawing. Sebab, FIFA bersama PSSI bisa melakukan pemetaan.

Misalnya, Grup A yang dihuni oleh Timnas Indonesia U-17 ditempatkan di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). Lalu di Jakarta Internasional Stadium menghelat Grup C dan E di mana ada tiga tim besar yang tampil di sana, yakni Brasil dan Inggris (Grup C), lalu Perancis dan Korea Selatan (Grup E). Kemudian Grup B yang salah satunya dihuni oleh Spanyol bakal dimainkan di Stadion Manahan, Solo.

"Lalu di Bandung (Stadion Si Jalak Harupat) ada Argentina dan Jepang (Grup D) juga Jerman (Grup F)," ujar Erick Thohir.

"Jadi itu mekanisme lebih dari pada pertandingan supaya lebih seimbang sehingga juga menciptakan target penonton yang memang ditargetkan 10 ribu sampai 18 ribu penonton untuk per game-nya," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menambahkan.

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang. Upacara pembukaan sekaligus laga perdana digelar di Gelora Bung Tomo (Surabaya), sedangkan partai final di Stadion Manahan, Solo.

Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Pssi Fifa Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.406

Bagikan