Erick Thohir Umumkan Pembentukan Satgas Antimafia Bola, Ada Najwa Shihab

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 September 2023
Erick Thohir Umumkan Pembentukan Satgas Antimafia Bola, Ada Najwa Shihab
Ketum PSSI Erick Thohir bersama anggota satgas anti-mafia bola. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengumumkan pembentukan Satgas Antimafia Bola. Pengumuman dilakukan di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (20/9).

Erick mengatakan Satgas ini dibentuk karena ada permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong pembenahan sepak bola nasional secara bersih dan menyeluruh, terutama yang terkait dengan praktik pengaturan skor.

Untuk menjaga independensi, Satgas ini dipimpin oleh Maruarar Sirait yang pernah menjabat sebagai Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2015-2019.

Lalu sebagai anggota bercokol nama jurnalis senior Najwa Shihab, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana dan Ketua Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali.

"Tadi pagi saya dipanggil Pak Presiden (Joko Widodo), selain melaporkan kesiapan Piala Dunia U-17 dan rencana peletakan batu pertama pusat latihan nasional PSSI di IKN (Ibu Kota Negara)."

"Secara khusus saya diperintahkan untuk memberi perhatian serius soal praktik pengaturan pertandingan dan mafia sepak bola. Bahkan, meminta keterlibatan tokoh-tokoh independen agar jelas transparansinya," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

Gilas Kirgiztan, Erick Thohir Minta Timnas U-24 Jaga Momentum Rebut Tiket 16 Besar

FIFA Beri Target PSSI, Penonton Piala Dunia U-17 2023 Minimal 10 Ribu Tiap Pertandingan

Melihat komposisinya, Erick Thohir yakin Satgas Antimafia Bola bisa bekerja maksimal. Satgas diberikan kewenangan untuk memberikan laporan ke Presiden Jokowi dan FIFA.

"Mereka bisa langsung laporkan temuan ke Presiden karena tujuannya untuk percepatan dalam membersihkan sepakbola. Satgas ini juga akan berkolaborasi dengan FIFA sebagai bagian transparansi," lanjut Erick Thohir.

Sementara itu, Maruarar Sirait selaku ketua satgas menyampaikan komitmen pihaknya dalam membenahi sepak bola Indonesia. Ara, sapaan akrabnya, juga menekankan pentingnya transparansi dalam satgas ini.

"Saya apresiasi karena bersama-sama orang hebat di satgas ini. Kami berkomitmen agar tim ini tidak 'masuk angin', tidak boleh gentar, dan tidak boleh takut, serta tidak pilih kasih. Akan ada auditor tepercaya serta komunikasi yang baik dengan pihak Polri dan kejaksaan jika kami ingin mengungkap kasus yang terkait aturan hukum," jelas politisi PDI Perjuangan tersebut.

Pssi Erick thohir Maruarar Sirait Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan