Misi IWbA, Dorong Woodball Dipertandingkan di SEA Games 2025 dan Tarik Kejuaraan Dunia ke Bali

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 21 Juli 2023
Misi IWbA, Dorong Woodball Dipertandingkan di SEA Games 2025 dan Tarik Kejuaraan Dunia ke Bali
Ketua IWbA, Aang Sunadji menyampaikan sambutan dalam BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarno, Boyolali, Kamis (20/7). (MP Media/Istimewa)

BolaSkor.com - Indonesia Woodball Association (IWbA) terus gerilya menciptakan prestasi internasional. Selain mendekati Thailand untuk SEA Games 2025, IWbA ingin membawa kejuaraan dunia woodball ke Bali.

Woodball Indonesia bergairah lagi setelah dipimpin Aang Sunadji sebagai Ketua Umum (Ketum) IWbA. Para atlet Tanah Air dibuat lega karena woodball akan dipertandingkan untuk pertama kali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Ajang yang akan berlangsung di Sumatera Utara dan Aceh itu menjadi bagian dari upaya mengasah kemampuan bakat-bakat lokal. Sebelum itu, 183 atlet terlebih dahulu bertarung pada babak kualifikasi (BK) PON 2024 di Lapangan Golf Adi Soemarno, Boyolali, Jawa Tengah, 21-23 Juli 2023.

Selain mengasah atlet muda potensial, IWbA berupaya membuka akses selebar-lebarnya untuk pintu internasional. Dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar kejuaraan olahraga dunia ditarik ke Indonesia disikapi dengan upaya menarik ajang woodball berkelas ke Indonesia.

Baca Juga:

Semangat Letjen TNI Richard Tampubolon Memajukan Woodball Indonesia

15 Kontingen Berebut Tiket, PON 2024 Jadi Sejarah dan Harapan Baru Woodball Indonesia

Woodball
Suasana pembukaan BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (20/7). (MP Media/Istimewa)

Ketum IWbA, Aang Sunadji, mengatakan upaya itu akan dilakukan di China pada Oktober mendatang. Indonesia akan mengusulkan agar kejuaraan dunia digelar di Indonesia.

"Bulan Oktober nanti ada general assembly di China, kita akan coba mem-propose World Championship. Entah yang tahun berapa, biasanya ada bidding, yang kosong tahun berapa, kita akan bidding untuk dibawa ke Indonesia," kata Aang Sunadji di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (19/7).

Sebelum berangkat ke China, IWbA memperkuat woodball di Indonesia. Aang Sunadji baru saja bertemu Federasi Woodball Thailand, salah satunya membicarakan SEA Games 2025.

"Dua bulan lalu kita bertemu presiden Woodball Thailand. 2025 kan ada SEA Games di Thailand dan mereka cukup kuat. Kita sudah mulai diplomasi, jadi 'ayo dong keluarin nomornya', agar nanti woodball dipertandingkan," tutur Aang Sunadji.

Aang Sunadji optimistis PON 2024 bakal membuat atlet-atlet Woodball Indonesia semakin terasah. Dengan begitu, Indonesia tak akan kesulitan mencari atlet andalan jika woodball benar-benar dipertandingkan pada SEA Games 2025.

Dalam rekam jejak internasional, Indonesia boleh berbangga karena Ahris Sumariyanto pernah beberapa tahun berada di peringkat satu dunia. Sementara Muhammad Khadiq ada di peringkat lima dan Agus Suardana di peringkat delapan dunia dalam rekap kejuaraan 2017 lalu. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Aang Sunadji Woodball Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.105

Bagikan