15 Kontingen Berebut Tiket, PON 2024 Jadi Sejarah dan Harapan Baru Woodball Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 20 Juli 2023
15 Kontingen Berebut Tiket, PON 2024 Jadi Sejarah dan Harapan Baru Woodball Indonesia
Ketua IWbA, Aang Sunadji menyampaikan sambutan dalam BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarno, Boyolali, Kamis (20/7). (MP Media/Istimewa)

BolaSkor.com - 15 Kontingen Woodball Indonesia berebut tiket dalam babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah 21-23 Juli 2023.

Ketua Umum (Ketum) Indonesia Woodball Association (IWbA), Aang Sunadji resmi membuka BK PON 2024 cabang olahraga (cabor) Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (20/7).

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Dewan Penasihat IWbA, Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, dan Dewan Penasihat IWbA Zaenal Asikin. Nama terakhir juga menjabat Komite Eksekutif (KE) Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Ajang ini menjadi sejarah dan harapan baru bagi Woodball Indonesia. Woodball merupakan satu dari 15 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan pada PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara. Penetapan ini menjadi sejarah mengingat Woodball Indonesia sudah lebih dahulu go internasional.

Ya, Woodball Indonesia memang lebih dikenal di dunia internasional berkat prestasi para atlet, salah satunya Ahris Sumariyanto. Olahraga yang dipelajarinya tahun 2008 ini membawanya ke peringkat satu dunia pada 2010, 2016, 2017, dan 2018.

Baca Juga:

Kecintaan Letjen Richard Tampubolon pada Bela Diri dan Kesiapannya Mengabdi untuk Olahraga

Keuntungan Besar jika Kejuaraan Dunia Woodball Sukses Ditarik ke Indonesia

Aang Sunadji
Ketua IWbA, Aang Sunadji menyampaikan sambutan dalam BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarno, Boyolali, Kamis (20/7). (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Nah, setelah membuat sejarah di internasional, Woodball Indonesia mulai menjelajah dengan membuat sejarah baru bersama Ketum IWbA, Aang Sunadji.

Sejarah baru ini sekaligus menjadi harapan agar Woodball Indonesia semakin dikenal di seluruh pelosok negeri. Ketika peminatnya semakin banyak, peluang melahirkan juara dunia yang baru semakin terbuka.

"Saya bersyukur, untuk pertama kali dalam sejarah olahraga woodball bisa dipertandingkan di PON. Ini tidak lepas dari doa dan kerja keras seluruh insan Woodball Indonesia," kata Aang Sunadji, dalam sambutannya pada acara pembuaan BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (20/7).

Woodball Indonesia
Suasana pembukaan BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (20/7). (MP Media/Istimewa)

BK PON 2024 diikuti 15 kontingen yang mengirimkan total 183 atlet. Jumlah itu terbagi atas 94 atlet putra dan 89 atlet putri.

Jawa Tengah dan DIY menjadi kontingen dengan atlet terbanyak dengan sama-sama membawa 18 nama. Lalu disusul Kalimantan Utara dan Bali yang mengirimkan 16 atlet.

Yang menarik, mayoritas atlet yang ikut BK PON 2024 masih cukup muda. Selama tiga hari ini mereka akan bertanding untuk memperebutkan tiket menuju PON 2024.

"PON ini menjadi ajang pemanasan, melatih fairplay dan kita bisa melihat bibit-bibit baru yang ada di Indonesia, karena atlet internasionalnya malah sudah ada di Indonesia," tutur Aang Sunadji.

Melalui PON 2024, ada harapan agar Woodball Indonesia semakin dikenal dunia luar. Bukan tak mungkin pada PON periode berikutnya jumlah kontingen yang berebut tiket akan bertambah.

"Dimainkannya woodball di PON Aceh dan Sumut 2024 ini sekaligus menjadi perkenalan bagi masyarakat secara luas, bahwa Woodball Indonesia sudah reborn menjadi organisasi olahraga yang rapi dan siap menyumbangkan prestasi terbaik buat Indonesia di masa depan," ungkap Aang Sunadji.

Woodball Indonesia
Dewan Penasehat IWbA, Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon (kedua dari kanan) melakukan simbolis pembukaan BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (20/7). (MP Media/Istimewa)

Harapan baru Woodball Indonesia pada PON 2024 turut mendapat dukungan dari NOC Indonesia. NOC yakin keberhasilan tiga atlet Indonesia menembus level dunia pada 2018 lalu bisa dipertahankan atau malah ditingkatkan lagi. Bibit-bibit anyar Woodball Indonesia bisa dipantau melalui PON 2024.

"Kita semua berbangga woodball akan dipertandingkan pada PON 2024. Di sini atlet woodball terbaik dari seluruh penjuru Indonesia bakal bersaing agar bisa bertanding di Sumut dan Aceh," kata Ketum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dalam sambutannya yang dibacakan KE NOC Indonesia, Zaenal Asikin.

"Melalui ajang ini, secara otomatis woodball bisa menjaring atlet terbaik untuk mewakili Indonesia, untuk mengibarkan bendera Merah-Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di level dunia ke depannya." (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Woodball Indonesia
Suasana pembukaan BK PON 2024 Cabor Woodball Indonesia di Lapangan Golf Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis (20/7). (MP Media/Istimewa)
Woodball Breaking News Aang Sunadji
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.105

Bagikan