PON XXI 2024

Menpora Tepis Isu PON XXI 2024 Batal Digelar di Aceh dan Sumut

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 28 Maret 2024
Menpora Tepis Isu PON XXI 2024 Batal Digelar di Aceh dan Sumut
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, menepis isu miring yang menyebutkan PON XXI 2024 tidak jadi digelar di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Dito meyakinkan kedua daerah tersebut akan tetap menjadi tuan rumah.

Sebelumnya, sempat beredar isu miring terkait penyelenggaraan PON XXI 2024. Berdasarkan rumor, pesta olahraga empat tahun sekali ini batal digelar di Aceh dan Sumut karena masalah anggaran.

Namun Dito menegaskan hal tersebut hanyalah rumor semata. Pemerintah tetap menjadikan Aceh dan Sumut sebagai lokasi PON tahun ini.

Baca Juga:

Menpora Dito Ariotedjo Berharap Klub Lepas Pemain ke Timnas U-23 demi Merah-Putih

Nusantara Cup 2024: Tectona Bandung Juara Usai Tumbangkan Bintang Mahameru

Hal ini dibuktikan usai Menpora melakukan pertemuan dengan PJ Gubernur Aceh dan DPR Aceh. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati bahwa PON XXI 2024 tetap berjalan sesuai rencana.

"Alhamdullilah per 18 Maret kemarin, DPR Aceh sudah mengetik APA terkait dengan pelaksanaan PON di Aceh 2024, jadi sudah tidak ada kebuntuan dan deadlock terkait anggaran lokal," tutur Dito dikutip dari keterangan resmi Kemenpora.

Untuk meyakinkan publik, Dito lantas menjelaskan sumber anggaran yang akan dipakai untuk pelaksanaan PON XXI 2024 nanti. Dia menyebutkan akan memprioritaskan menggunakan sumber dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN).

"Memang perlu diakui ini merupakan PON perdana yang dilaksanakan di dua provinsi sekaligus. Masing-masing provinsi memiliki kebanggaan tersendiri. Aceh dan Sumut ingin dua-duanya sebagai penyelenggaraan yang adil," terang Dito.

Tidak hanya PON saja, Dito menerangkan, kedua daerah tersebut juga akan digunakan sebagai lokasi Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas). Dikabarkan hingga kini Kemenpora masih fokus untuk melakukan kordinasi demi menyukseskan event tersebut.

"Saya sampaikan PON dan Peparnas tetap di 2024," jelas Dito.

Penulis: Bintang Rahmat

Dito Ariotedjo Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan