Piala Asia U-23 2024

Menpora Dito Ariotedjo Berharap Klub Lepas Pemain ke Timnas U-23 demi Merah-Putih

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 26 Februari 2024
Menpora Dito Ariotedjo Berharap Klub Lepas Pemain ke Timnas U-23 demi Merah-Putih
Menpora Dito Ariotedjo menyalami pemain dan ofisial Timnas U-22. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap klub-klub Liga 1 legawa melepas para pemainnya ke Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Ajang tersebut berlangsung di Qatar.

Namun, beberapa klub Liga 1 terang-terangan menolak untuk melepas para pemainnya, sebut saja Persija Jakarta, Borneo FC Samarinda dan PSS Sleman.

Hal ini disebabkan saat Piala Asia U-23 2024 berlangsung, kompetisi Liga 1 tetap berjalan. Meski PT Liga Indonesia Baru sudah meminta restu PSSI untuk merevisi aturan soal kewajiban klub memainkan minimal satu pemain U-23 sebagai starter, tetapi beberapa klub sangat bertumpu kepada pemain-pemain mudanya.

Misalnya, Persija yang hampir selalu memainkan lebih dari satu pemain U-23 sebagai starter, di antaranya Rizky Ridho (22 tahun), Ilham Rio Fahmi (22), Muhammad Ferarri (20), Dony Tri Pamungkas (19), dan Muhammad Rayhan Hannan (20).

Baca Juga:

PT LIB Minta Restu PSSI Revisi Aturan Liga 1 demi Timnas Indonesia U-23

Barito Putera Beda Sikap dengan Persija dan Borneo FC soal Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Terkait polemik ini, Menpora Dito Ariotedjo turut buka suara. Politisi Partai Golkar itu ingin klub-klub melepas pemainnya saat negara membutuhkan.

"Pastinya ini yang kami selalu monitor bahwa dari jadwal liga dan agenda-agenda FIFA ini kami berharap bisa selaras dan kalau dari saya saya tentunya ingin ketika negara memanggil dan memperjuangkan Merah-Putih apalagi jika agenda resmi FIFA, kami berharap klub-klub bisa secara jiwa Merah-Putih melepaskannya ke timnas," kata Dito Ariotedjo di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Senin (26/2).

Meski demikian, pernyataan Menpora Dito sedikit keliru. Piala Asia U-23 2024 bukan turnamen resmi FIFA, sehingga klub sebetulnya berhak untuk tidak memberikan pemainnya.

Pada Piala Asia U-23 2024 ini Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda akan bersaing dengan tuan rumah Qatar, Australia dan Uzbekistan.

Timnas indonesia u-23 Dito Ariotedjo Pssi Liga 1 PT Liga Indonesia Baru PT LIB Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan