Menilik Skuad Terakhir Newcastle United saat Bermain di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 24 Mei 2023
Menilik Skuad Terakhir Newcastle United saat Bermain di Liga Champions
Newcastle United pada musim 2002-03 (Twitter)

BolaSkor.com - 20 tahun penantian Newcastle United untuk sepak bola di turnamen antarklub Eropa berakhir. The Magpies dipastikan kembali bermain di Liga Champions setelah terakhir bermain di sana pada musim 2002-2003.

Pencapaian yang fantastis mengingat 18 bulan lalu Newcastle bahkan dalam pertarungan di zona degradasi. Pergantian pemilik klub dari Mike Ashley ke konsorsium Arab Saudi di bawah grup Public Investment Fund (PIF) memberikan perubahan signifikan.

Keuangan klub lebih sehat, kondisi tim lebih stabil, dan Newcastle dijalankan dengan baik mulai dari rekrutmen pelatih hingga penunjukan Eddie Howe sebagai pelatih.

Baca juga:

Newcastle Dipastikan Lolos ke Liga Champions, Manchester United Berpeluang Menyusul

Musim Depan, Tidak Ada Jaminan David De Gea Jadi Kiper Nomor Satu Manchester United

Prediksi dan Statistik Bournemouth Vs Manchester United: Misi Menjauh dari Liverpool

"Kami memiliki tim yang luar biasa," kata penyerang Newcastle, Allan Saint-Maximin kepada NUFC TV. "Sekarang kami memiliki nama kami dalam sejarah klub. Mari kita lihat apa yang akan terjadi di Liga Champions."

"Itu tentang mencoba menjauh dari degradasi setelah berjuang melawannya tahun lalu. Kami jauh lebih cepat dari jadwal, tetapi kami pasti akan mengambilnya dan kami senang berada di sana (Liga Champions)," tambah Howe.

Menilik Skuad Terakhir Newcastle di Liga Champions

Dua dekade atau 20 tahun bukan waktu yang sebentar, apalagi untuk sekedar memberikan petunjuk mengenai skuad The Magpies di masa lalu, legenda mereka yang masih bermain kala itu kini menjadi pandit sepak bola, Alan Shearer.

Ya, Shearer menjadi bagian skuad Sir Bobby Robson ketika terakhir kali Newcastle bermain di Liga Champions pada 2002-2003. Klub masih dimiliki Freddie Shepherd dan di musim sebelumnya finish di urutan tiga Premier League.

Newcastle kala itu mencapai fase grup kedua (format yang tidak lagi digunakan di Liga Champions), finish di urutan tiga grup di belakang Barcelona dan Inter Milan hingga gagal lolos ke fase gugur.

Dalam sejarah di Liga Champions, Newcastle mencapai fase grup pada 1997-1998, fase grup dua 2002-03, dan fase kualifikasi putaran tiga di musim 2003-04.

Lantas bagaimana skuad Liga Champions Newcastle pada musim 2002-03? Di bawah arahan Sir Bobby Robson, Newcastle memiliki tim bermaterikan Alan Shearer, Craig Bellamy, Gary Speed, Nolberto Solano, Shay Given, Jermaine Jenas, Kieron Dyer, Jonathan Woodgate.

Berikut rincian lengkap skuad Newcastle United pada musim 2002-03:

Kiper: Shay Given, Steve Harper
Lini Belakang: Robbie Elliott, Andy O'Brien, Andy Griffin, Wayne Quinn, Aaron Hughes, Titus Bramble, Jonathan Woodgate, Steven Caldwell, Nikos Dabizas, Olivier Bernard
Lini Tengah: Nolberto Solano, Clarence Acuna, Jermaine Jenas, Kieron Dyer, Gary Speed, Darren Ambrose, Jamie McClen, Brian Kerr, Laurent Robert, Hugo Viana
Lini Depan: Michael Chopra, Shola Ameobi, Lomana LuaLua, Carl Cort, Craig Bellamy, Alan Shearer

Newcastle Newcastle United Premier League Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.186

Bagikan