Menilik Kiprah 11 Rekrutan Xabi Alonso di Bayer Leverkusen

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 16 April 2024
Menilik Kiprah 11 Rekrutan Xabi Alonso di Bayer Leverkusen
Bayer Leverkusen (Twitter)

BolaSkor.com - Dominasi Bayern Munchen berakhir musim ini setelah jadi juara Bundesliga 11 kali beruntun. Tim yang melengserkan sang raja dari singgasana adalah Bayer Leverkusen besutan Xabi Alonso.

Dua tahun melatih Leverkusen, Alonso membawa tim memenangi titel Bundesliga pertama dalam sejarah 120 tahun klub berdiri. Hebatnya lagi, Leverkusen berpeluang memenangi double winners di Liga Europa.

Leverkusen bahkan berstatus unbeaten alias tak terkalahkan sejauh ini pada 43 laga di seluruh kompetisi. Wajar apabila publik penasaran dengan skuad Leverkusen, gaya main Alonso, hingga faktor di balik konsistensi bermain mereka.

Baca Juga:

Sejarah Baru, Bayer Leverkusen Juara Bundesliga 2023-2024

Sihir Xabi Alonso di Bayer Leverkusen

Xabi Alonso Pastikan Bertahan dengan Bayer Leverkusen

Manajemen yang bagus, komunikasi lancar, rekrutmen tepat, menjadikan tempat yang nyaman bagi pelatih mengembangkan permainannya. Alonso sudah merekrut 11 pemain ke Leverkusen dan bagaimana kiprah mereka sejauh ini?

1. Noah Mbamba

Pada Januari 2023, Leverkusen memboyong Noah Mbamba dari Club Brugge sebesar 100.000 euro. Harga yang sangat murah karena bek berusia 19 tahun asal Belgia diprospek punya masa depan cerah.

Belum banyak bermain di tim senior, Mbamba sempat memainkan debut kala jadi pengganti di laga terakhir musim lalu, sebelum bermain dua kali dari bangku cadangan musim ini. Mbamba juga diberi kesempatan bermain dua kali di Liga Europa.

2. Patrick Pentz

Kiper asal Austria direkrut gratis pada Januari 2023 dari Stade Reims, diplot jadi pelapis Lukas Hradecky. Namun, ia tak pernah tampil di tim utama Leverkusen dan kini dipinjamkan ke klub Denmark, Brondby.

Di sana, Pentz mendapatkan menit bermain sebagai kiper utama dan tim arahan Jesper Sorensen bertarung merebutkan titel liga.

3. Gustavo Puerta

Gelandang asal Kolumbia berusia 20 tahun direkrut dari Bogota FC sebesar dua juta euro, kemudian dipinjamkan ke Nurnberg. Pasca kembali ke tim utama Leverkusen, Gustavo Puerta perlahan dilibatkan pada skuad tim oleh Alonso.

Meski baru bermain sebagai pemain pengganti, Puerta diberi kesempatan bermain di Liga Europa melaawn Hacken.

4. Alex Grimaldo

Tidak diragukan lagi. Rekrutan terbaik Alonso dengan catatan 11 gol dan 16 assists dari 42 laga di seluruh kompetisi. Potensi Alex Grimaldo, 28 tahun, semakin berkembang pada posisi bek sayap kiri khususnya saat bermain ofensif.

Hebatnya lagi, Leverkusen merekrut Grimaldo gratis dari Benfica pada Juli 2023 setelah kontraknya habis di sana. Saat ini, Grimaldo punya banderol 45 juta euro.

5. Arthur

Rekrutan pada musim panas 2023, Arthur yang berposisi sebagai bek kanan dan gabung klub dari America MG, pasca memainkan debutnya di timnas Brasil. Sayang, pemain berusia 20 tahun banyak cedera hingga jarang dimainkan Alonso.

6. Jonas Hofmann

Berpengalaman dan berkualitas pada posisi sayap atau gelandang serang. Leverkusen merekrutnya sebesar 10 juta euro dari Borussia Monchengladbach pada 2023, saat ini ia sudah punya catatan delapan gol dan 11 assists dari 38 laga di seluruh kompetisi.

Musim debutnya impresif, sebab ia mencatatkan rata-rata satu gol atau assist dari 119 menit bermain di liga.

7. Granit Xhaka

Alonso tahu tidak bisa terlalu memberikan beban kepada pemain muda untuk mengambil tanggung jawab. Selain Hofmann, ia juga membawa Granit Xhaka kembali ke Jerman (pernah membela Gladbach di masa lalu) pada musim panas 2023.

Xhaka, 31 tahun, direkrut sebesar 15 juta euro dari Arsenal dan menjadi pemain kunci Leverkusen di lini tengah dengan dua gol, satu assist, dari 41 laga di seluruh kompetisi serta catatan 3.445 menit penampilan.

8. Victor Boniface

Timnas Nigeria memiliki dua penyerang top yang bermain di Eropa, Victor Osimhen dan Victor Boniface. Nama yang disebut terakhir populer musim ini dengan torehan 18 gol dan 10 assists dari 27 laga di seluruh kompetisi.

Leverkusen merekrutnya pada 2023 sebesar 20,5 juta euro dari Union SG, klub Belgia. Boniface, 23 tahun, punya rata-rata keterlibatan gol (dengan assist atau gol) setiap 76 menit. Tak heran apabila Boniface mulai dipantau klub-klub top Eropa.

9. Matej Kovar

Pentz dipinjamkan ke Brondby dan Leverkusen membeli Matej Kovar dari Manchester United sebesar lima juta euro. Penjaga gawang berusia 23 tahun juga tak banyak bermain, tapi Alonso masih memercayainya di beberapa kesempatan.

Kovar tampil di DFB Pokal (dua kali) dan lima kali jadi starter di Liga Europa. Ia juga sempat menjalani debut di Bundesliga melawan Gladbach beberapa waktu lalu.

10. Josip Stanisic

Tak mendapatkan tempat bermain di Bayern Munchen, Josip Stanisic dimainkan Alonso di Leverkusen pada beberapa laga. Meski tak sering bermain, Stanisic masih bersaing dengan catatan tiga assists dan satu gol dari 29 laga di seluruh kompetisi, mencatatkan 1.893 menit penampilan.

11. Nathan Tella

Alonso punya opsi lain untuk ditempatkan pada posisi sayap kanan selain Hofmann. Nathan Tella, 24 tahun, salah satunya kala Leverkusen merekrutnya dari Southampton pada 2023 sebesar 23,3 juta euro.

Tella bermain 34 kali sejauh ini dengan catatan tujuh gol dan empat assists (1.451 menit penampilan).

Bayer Leverkusen Leverkusen Bundesliga Bundesliga Jerman Xabi Alonso Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.364

Bagikan