Menilik Jadwal Dibukanya Bursa Transfer Musim Panas 2023 di 5 Liga Top Eropa

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 13 Juni 2023
Menilik Jadwal Dibukanya Bursa Transfer Musim Panas 2023 di 5 Liga Top Eropa
Alexis Mac Allister gabung Liverpool (Twitter Resmi Liverpool)

BolaSkor.com - Sepak bola seolah tidak pernah berhenti di dunia, khususnya di Eropa. Musim 2022-2023 baru berakhir dan pembicaraan seputar rumor atau gosip transfer pemain sudah ramai dibahas, terutamanya saat ini menjelang bursa transfer musim panas 2023.

Bursa transfer musim panas 2023 seyogyanya belum dibuka di lima liga top Eropa, tetapi keseruan dari siklus kepergian pemain dari klub sudah terjadi. Belum lagi dengan keramaian di media sosial (medsos) soal transfer pemain dari sumber terpecaya, semisal Fabrizio Romano dan David Ornstein.

Beberapa transfer seru yang sudah terjadi seperti kepergian Sergio Ramos dan Lionel Messi dari Paris Saint-Germain (PSG), kontrak keduanya berakhir dengan PSG. Ramos masih berstatus free agent (tanpa klub) sementara Messi meninggalkan Eropa, bergabung dengan Inter Miami.

Baca juga:

Memahami Keputusan Lionel Messi untuk Tidak Kembali ke Barcelona

Akhir Era, 7 Pemain Legendaris Pensiun atau Pergi dari Klub pada 2023

Resmi Gabung Al Ittihad, Karim Benzema Ikuti Jejak Cristiano Ronaldo

Begitu juga dengan legenda Real Madrid, Karim Benzema, yang mengakhiri perjalanannya dengan Los Merengues dan juga meninggalkan kariernya di Eropa. Benzema mengikuti jejak mantan rekan setimnya, Cristiano Ronaldo, dan bermain di Arab Saudi. Bedanya, Ronaldo dengan Al Nassr dan Benzema gabung Al Ittihad.

Itu semua terjadi di kala bursa transfer musim panas 2023 bahkan belum dibuka di Eropa. Lantas, kapan bursa transfer musim panas 2023 dibuka di lima liga top Eropa? Berikut informasinya:

1. Premier League - Inggris

Bursa transfer musim panas 2023 akan dibuka dalam waktu dekat ini di Premier League, Inggris. Bursa transfer dibuka pada Rabu (14/06) waktu setempat, meski pun sebagian besar transfer internasional dan transfer pemain tanpa klub tidak akan dilangsungkan sampai 1 Juli.

Pada 14 Juni hingga 1 Juli hanya transfer domestik yang dapat diselesaikan secara resmi di antara klub Premier League. Bursa transfer di Premier League akan ditutup pada Jumat, 1 September 2023 pada pukul 23.00 malam waktu setempat.

2. LaLiga - Spanyol

Berbeda dari Premier League, secara resmi bursa transfer musim panas 2023 dibuka di LaLiga, Spanyol, pada Senin 3 Juli 2023 dan ditutup pada 1 September 2023 di waktu yang sama dengan Premier League.

3. Serie A - Italia

Bursa transfer musim panas 2023 dibuka lebih awal di Serie A, Italia, ketimbang LaLiga, yakni pada Sabtu, 1 Juli. Waktu penutupan juga sama dengan dua liga di atas yakni pada Jumat, 1 September 2023 dengan estimasi waktu pada pukul 19.00 waktu BST.

4. Bundesliga - Jerman

Di Bundesliga, Jerman, bursa transfer pemain dibuka pada Sabtu, 1 Juli 2023, dan akan ditutup pada pukul 17.00 waktu BST (Inggris). Sementara bursa transfer musim dingin dibuka bersamaan dengan liga top Eropa lainnya, yakni pada 1 Januari 2024 hingga 1 Februari 2024.

5. Ligue 1 - Prancis

Tidak ada perbedaan pada waktu dibukanya bursa transfer musim panas 2023 di Ligue 1, Prancis, yaitu pada Sabtu, 1 Juli 2023 dan ditutup pada Jumat, 1 September 2023 pada pukul 22.00 malam WIB waktu BST.

Sebagai informasi tambahan, klub-klub di seluruh liga juga masih dapat merekrut pemain tanpa klub (free agent) pasca deadline atau saat bursa transfer ditutup.

Transfer Isu Transfer Bursa transfer LaLiga Premier League Serie a Ligue 1 Bundesliga Bundesliga Jerman
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan