Memahami Keputusan Lionel Messi untuk Tidak Kembali ke Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 11 Juni 2023
Memahami Keputusan Lionel Messi untuk Tidak Kembali ke Barcelona
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Megabintang asal Argentina, Lionel Messi, memutuskan pergi dari Paris Saint-Germain (PSG) setelah kontraknya berakhir. Sempat diisukan kembali ke Barcelona, La Pulga pada akhirnya memilih pergi ke Inter Miami.

Artinya, penilik tujuh Ballon d'Or akan meninggalkan sepak bola di Eropa setelah 19 tahun berkarier dari Barcelona hingga PSG. Messi pun telah menuturkan alasannya tidak kembali ke Barcelona dan kemudian gabung tim milik David Beckham.

Messi mengaku tidak ingin jadi 'kambing hitam' dengan kesulitan finansial yang dialami Barcelona saat ini, terlebih Messi juga telah memenangi segala trofi yang dapat diraih di Eropa dan ditutup dengan trofi Piala Dunia 2022 bersama Argentina.

Pemain berusia 35 tahun tersebut seyogyanya juga ingin kembali ke Barcelona, tetapi ia sadar dengan potensi konsekuensi yang akan dilaluinya jika kembali ke sana. Pada akhirnya, Messi memilih 'ketenangan' hidup dengan bermain di Inter Miami di Amerika Serikat.

Baca juga:

Lionel Messi Diklaim Tidak Akan Bermain Melawan Timnas Indonesia

Akhir Era, 7 Pemain Legendaris Pensiun atau Pergi dari Klub pada 2023

Resmi Gabung Al Ittihad, Karim Benzema Ikuti Jejak Cristiano Ronaldo

Mantan rekan setimnya di Argentina, Carlos Tevez, memahami keputusan Messi. Tevez juga menilai Messi tak mau lagi menjadi sosok yang disalahkan apabila Barcelona, ke depannya, punya masalah finansial karena gajinya yang besar.

"Bagi saya, Leo mengambil keputusan dengan mengetahui dan memahami situasinya sendiri. Dia tidak ingin kembali ke Barcelona dan meminta rekan satu timnya menurunkan gaji mereka dan menjadi orang jahat lagi," tutur Tevez seperti dilansir dari Goal.

"Itu menyakitinya lebih dari siapa pun karena tidak bisa kembali ke Barcelona, yang merupakan rumahnya. Saya pikir itu semua sangat hangat sambutan di pihak Barcelona. Leo memilih liga di Amerika Serikat."

"Dia menyukai Miami, itu adalah ketenangan baginya dan keluarganya. Saya pikir apa yang dia lakukan adalah hal yang benar untuk dilakukan. Jika bukan Barcelona, di mana dia tahu dia akan menjadi pusat daya tarik lagi, itu bukan apa-apa di Eropa. Keputusan itu dibuat dengan sangat baik," urainya.

Kepergian Lionel Messi dari sepak bola Eropa juga dapat didefinisikan sebagai akhir era pesepak bola legendaris, setelah sebelumnya Cristiano Ronaldo pergi bermain ke Arab Saudi dan gabung Al Nassr.

Pada 2023 ini juga nama-nama legendaris lainnya pensiun atau pergi dari klubnya, seperti Karim Benzema, Zlatan Ibrahimovic, Joaquin Sanchez, Sergio Busquets, dan Roberto Firmino.

Lionel Messi Barcelona FC Barcelona Inter Miami
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.273

Bagikan