Menang Adu Penalti Lawan PSM, Bali United Wakil Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 10 Juni 2023
Menang Adu Penalti Lawan PSM, Bali United Wakil Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia
Sundulan Ricky Fajrin nyaris menggetarkan gawang PSM Makassar. (Media Bali United)

BolaSkor.com - Bali United memenangi persaingan dengan PSM Makassar dalam partai play-off untuk menentukan wakil Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia 2023/2024.

Kepastian itu didapatkan setelah Bali United mengalahkan PSM lewat babak adu penalti dengan skor 5-4 (1-1) di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (10/6) malam WIB.

PSM sebetulnya punya keuntungan dalam laga ini karena mereka bertanding di kandang sendiri. Skor seri 1-1 pada pertemuan pertama yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta membuat PSM hanya perlu meraih kemenangan 1-0.

Namun, Bali United justru membuat kejutan. Tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu memecah kebuntuan pada menit 52 setelah Erwin Gutawa gagal mengantisipasi bola yang diumpan Ramdani Lestaluhu. Bola yang diblok Erwin justru berbelok ke arah gawang sendiri.

PSM yang tertinggal 0-1 tidak menyerah dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit 83. Skor berubah menjadi 1-1 berkat gol yang diciptakan oleh Rizky Eka Pratama.

Baca Juga:

Borneo FC Jadi Ujian Pertama PSS Sleman bersama Marian Mihail

Dusan Stevanovic Lengkapi Komposisi Asing, Persebaya Masih Buru Pemain Lokal

PSSI dan DFL Sepakati Poin-poin untuk Mengangkat Liga Indonesia

Skor tersebut ternyata bertahan sampai waktu normal berakhir sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan. Di babak ini, Bali United harus kehilangan kiper mereka Adilson Maringa yang mendapatkan kartu merah pada menit 98.

Kalah jumlah pemain membuat Bali United terus dibombardir oleh serangan dari PSM. Namun, ketangguhan M Ridho di bawah mistar membuat PSM gagal mencetak gol dan laga harus ditentukan oleh adu penalti.

Lima eksekutor penalti Bali United menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Mereka antara lain Ilija Spasojevic, Brwa Nouri, Ricky Fajrin, Haudi Abdillah, dan M Rahmat.

Sementara itu, dari lima penendang penalti PSM, hanya empat yang berhasil, yakni Yuran Fernandes, Adilson Silva, Rasyid Bakri, dan Ananda Raehan. Eksekutor terakhir PSM, Wiljan Pluim, gagal setelah bola sepakannya melambung di atas gawang.

Susunan pemain:

PSM Makassar

Reza Arya; Yance Sayuri (Dzaky Asraf,76'), Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Kike Linares (Ananda Raehan,75'), Yakob Sayuri (Rizki Eka,75'); Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Adilson Silva,56'), M Arfan (Rasyid Bakri,112'); Wiljan Pluim, Everton (Ricky Pratama,105')

Pelatih: Bernardo Tavares

Bali United

Adilson Maringa (kartu merah,98'); Ricky Fajrin, Elias Dolah (Ryuji Utomo,71'), Kadek Arel (Haudi Abdillah,104'), Ardi Idrus; Brwa Nouri, Sidik Saimima (M Ridho,103'), Eber Bessa (M Rahmat,87'); Ramdani Lestaluhu (Made Tito,66'), Novri Setiawan, Privat Mbarga (Ilija Spasojevic,103')

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Bali United Psm makassar Liga Champions Asia Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan