Liga 1

Melihat Penampakan VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 dari Dekat

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 10 Mei 2024
Melihat Penampakan VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 dari Dekat
VAR Mobile Championship Series Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) semakin kencang melakukan persiapan untuk Championship Series Liga 1 2023/2024 yang akan dimulai pada 14 Mei mendatang. Salah satunya soal video assistant referee (VAR).

Nantinya, VAR yang akan digunakan dengan VAR Mobile. Metode VAR di dalam mobil van. VAR Mobile pun sudah berangkat keempat venue Championship Series Liga 1 di Bandung (Stadion Jalak Harupat), Madura (Stadion Bangkalan), Balikpapan (Stadion Batakan), dan Bali (Training Center Bali United).

"Proses persiapan alat-alat VAR berjalan sesuai jadwal. Rencananya, VAR Mobile yang dikerjakan sudah siap beroperasi dan meluncur ke venue pertandingan hari ini," ujar Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

Baca Juga:

VAR Championship Series Liga 1 Gunakan Metode Mobil Van

Borneo FC Sambut Baik Penerapan VAR di Babak Championship Series Liga 1

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

VAR Mobile ini digunakan sebagai VAR Room bagi personel perangkat video assistant referee seperti VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator). Mereka akan bertugas di dalam VAR Mobile yang ditempatkan di dekat stadion.

"Untuk kelengkapan fitur ini kami tidak main-main, mengingat biaya yang dihabiskan untuk alat-alat VAR sangatlah mahal. Sebelum membuat VAR Mobile, kami telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile. Kami juga berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak karoseri yang mempersiapkan unit-unit VAR Mobile," lanjut Asep.

Saat ini, Liga 1 masuk fase championship series pada 14-15 Mei dan 18-19 Mei 2024. Ada empat tim yang sudah memastikan lolos ke babak ini, yakni Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

Regulasi babak ini menggunakan sistem kandang-tandang dari semifinal hingga final. Peringkat pertama Regular Series Liga 1, Borneo FC bertemu peringkat keempat, Madura United di babak semifinal. Sedangkan posisi kedua, Persib Bandung menantang peringkat ketiga Bali United.

Di leg pertama, Bali United akan lebih dahulu menjamu Persib Bandung di Training Center Bali United pada 14 Mei. Sehari kemudian, Madura United menjamu Borneo FC di Stadion Bangkalan.

Pada leg kedua, Persib gantian menjamu Bali United di Stadion Si Jalak Harupat pada 18 Mei. Satu hari kemudian, Borneo FC menjamu Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan.

VAR PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan