Liga 1

Borneo FC Sambut Baik Penerapan VAR di Babak Championship Series Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 07 Mei 2024
Borneo FC Sambut Baik Penerapan VAR di Babak Championship Series Liga 1
Skuad Borneo FC Samarinda saat mengikuti sosialisasi penerapan VAR. (LIB)

BolaSkor.com - Pelatih Borneo FC Samarinda, Pieter Huistra, menyambut baik penerapan Video Assistant Referee atau VAR pada babak championship series Liga 1 2023/2024.

Menurut Huistra, dengan hadirnya VAR di babak tersebut akan membuat persaingan menjadi lebih seru dan fair. VAR juga, kata Huistra, diharapkan bisa meminimalisir kesalahan wasit saat mengambil keputusan penting dan krusial.

"Saya pikir, hadirnya VAR penting untuk ke depannya agar membuat pertandingan bisa leih adil. Harapannya, ini bisa membuat diskusi dan perdebatan di lapangan jadi lebih sedikit," kata Huistra, dikutip dari laman PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Sebelumnya, PT LIB terus melakukan sosialisasi VAR kepada empat klub yang lolos babak championship series. Salah satu dari empat klub itu adalah Borneo FC Samarinda yang menempati peringkat pertama reguler series.

Sosialisasi ini berlangsung dinamis. Ini ditandai dengan aktifnya para pemain dan ofisial Borneo FC untuk bertanya terkait situasi di lapangan yang berkaitan dengan VAR.

Baca Juga:

Persib Beradaptasi Dengan Bola Baru Khusus Championship Series Liga 1 2023/2024

Jadwal Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024

PT LIB Lakukan Penyesuaian Jadwal Championship Series Liga 1 dengan Agenda Timnas Indonesia U-23

Asep Saputra selaku Direktur Operasional PT LIB menjelaskan, sosialisasi ini digelar supaya seluruh perangkat yang menjadi bagian dari klub bisa memahami aturan main terkait penggunaan VAR.

Beberapa hal yang ditekankan dalam sosialisasi implementasi ini, yaitu pentingnya pemahaman bahwa tidak semua kejadian di lapangan bisa dilihat lewat VAR. Sebab hanya empat aspek yang akan dicek VAR di antaranya 'goal/no goal, penalty/no penalty, red card, dan mistaken identity'.

"Ini penting, agar penggunaan VAR bisa membuat pertandingan berjalan lancar. Bukan malah sebaliknya, membuat jalannya pertandingan menjadi terhambat," ujar Asep Saputra.

Selain Borneo FC Samarinda, tim-tim yang lolos ke championship series antara lain Persib Bandung, Bali United, dan Madura United. Semifinal championship series mempertemukan Borneo FC (peringkat 1) dengan Madura United (peringkat 4), sedangkan Persib (peringkat 2) bertemu Bali United (peringkat 3).

Leg pertama semifinal championship series digelar pada 14 dan 15 Mei. Sementara itu, leg kedua pada 18 dan 19 Mei.

Borneo FC Persib Bandung Bali United Madura united Liga 1 PT Liga Indonesia Baru PT LIB VAR Asep Saputra Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.438

Bagikan