Megan Rapinoe Terus Berjuang demi Kesetaraan Perempuan di Sepak Bola

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 05 Mei 2020
Megan Rapinoe Terus Berjuang demi Kesetaraan Perempuan di Sepak Bola
Megan Rapinoe (Twitter)

BolaSkor.com - Kapten tim nasional putri Amerika Serikat Megan Rapinoe dan Alex Morgan kecewa berat setelah pengadilan menolak tuntutan soal kesetaraan gaji.

Rapinoe dan Morgan, yang menjadi bintang saat AS meraih gelar keempat Piala Dunia tahun lalu, mengatakan jika mereka berencana mengajukan banding setelah hakim di California menolak klaim tim putri jika mereka digaji lebih rendah dari tim putra.

Perseteruan antara tim putri AS dengan Federasi Sepak Bola AS, telah telah lama mengemuka. Para pemain menuntut ganti rugi sebesar 66 juta dolar AS di bawah payung hukum Undang Undang Kesetaraan Upah (Equal Pay Act).

Baca Juga:

Megan Rapinoe, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Sepak Bola

Efek Besar Kapten Timnas Wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe: Dijadikan Presiden AS oleh Fans

3 Pesepak Bola Putri dengan Talenta dan Karakter Kuat yang Menginspirasi Publik

"Timnas putri telah dibayar lebih baik secara kumulatif dan rata-rata setiap pertandingannya daripada timnas putra, " demikian rangkuman keputusan pengadilan.

Namun, Rapinoe, peraih Ballon d'Or 2019, mempertanyakan logika dari rangkuman keputusan itu.

"Jika saya dibayar satu dolar setiap kali bermain dan laki-laki dibayar tiga dolar, hanya karena saya menang sepuluh laga dan dia hanya menang tiga pertandingan, jadi saya mengumpulkan 10 dolar dan dia sembilan dolar. Saya tak yakin bagaimana itu membuatku menghasilkan uang lebih banyak," kata Rapinoe seperti dikutip Reuters.

Sejumlah nama turut mendukung upaya timnas putri AS seperti petenis legendaris Billie Jean King dan kandidat presiden dari partai Demokrat Joe Biden.

Sementara itu asosiasi pemain timnas putra Amerika Serikat menegaskan kembali dukungan mereka kepada para pesepak bola putri.

"Para pemain timnas putra terus mendukung para pemain putri dalam upaya mereka untuk memperjuangkan kesetaraan gaji."

"Selama satu setengah tahun para pemain timnas putra telah membuat proposal kepada federasi yang bertujuan untuk meraih kesetaraan gaji bagi para pemain timnas putra dan putri," demikian pernyataan asosiasi.

Megan Rapinoe Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.167

Bagikan