Masih Ada Kans Perkuat Brasil, Sang Ayah Jamin Welber Jardim Tak Akan Berpaling

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 15 November 2023
Masih Ada Kans Perkuat Brasil, Sang Ayah Jamin Welber Jardim Tak Akan Berpaling
Aksi Welber Jardim saat menghadapi Panama, pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11) malam WIB. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Bek sayap Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim, masih berpotensi bermain untuk negara lain, terutama timnas Brasil. Namun, ayah Welber Jardim, Elisangelo Jardim, menjamin anaknya tidak akan berpaling.

Welber Jardim saat ini tengah memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Pemain Sao Paulo U-17 itu sudah memberikan satu assist dari dua pertandingan.

Dengan usianya yang baru menginjak 16 tahun, Welber Jardim punya potensi untuk membela negara lain, termasuk Brasil, negara asal ayahnya. Sebab, regulasi FIFA mengizinkan pemain berganti kewarganegaraan jika tidak pernah bermain atau memperkuat salah satu timnas di ajang resmi level senior.

Pun jika pemain tersebut telah membela suatu negara di tim senior tetapi bukan di ajang resmi, ia juga masih dapat lampu hijau bermain untuk negara lain. Contoh dari kasus ini adalah Jamal Musiala, bintang muda Bayern Munchen, yang memutuskan memperkuat timnas Jerman ketimbang Inggris.

Musiala, yang lahir di Jerman tetapi pindah ke Inggris sejak kecil, pernah membela kedua negara di kelompok junior. Ia mewakili Inggris di kategori U-15, U-16, U-17, dan U-21 dan mengoleksi dua penampilan untuk Jerman U-16.

Baca Juga:

Abaikan Tawaran dari Klub Liga 1, Sang Ayah Minta Welber Jardim Fokus di Sao Paulo

Laga Penentuan, Bima Sakti Minta Pemain Timnas Indonesia U-17 Tampil Lepas Lawan Maroko

Terkait hal itu, ayah Welber Jardim, Elisangelo Jardim, mengatakan kalau anaknya punya komitmen untuk Timnas Indonesia. Apalagi Welber lahir di Indonesia.

Welber Jardim lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 25 April 2007. Ibunya, Lielyana Halim, berasal dari daerah tersebut.

"Ini yang saya mau jelaskan buat masyarakat Indonesia. Welber benar-benar tidak berpikir main di timnas Brasil. Dia betul-betul saat ini fokus untuk main di (Piala Dunia) U-17. Dia melakukannya dengan baik, dan kalau dia pilih Indonesia, kami sepakat. Kami setuju," kata Elisangelo Jardim.

Bagi Elisangelo, yang terpenting untuknya adalah kebahagiaan dan masa depan Welber Jardim. Sebagai orang tua, Elisangelo akan mendukung apa pun pilihan putranya itu.

"Yang penting dia bahagia. Main dengan happy. Bikin (lakukan) apa yang kamu (Welber Jardim) suka," jelasnya.

Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan