Marc Marquez Minta MotoGP Kurangi Teknologi Aerodinamika

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 01 Maret 2024
Marc Marquez Minta MotoGP Kurangi Teknologi Aerodinamika
Marc Marquez (twitter)

BolaSkor.com - Hingga kini teknologi aerodinamika pada MotoGP masih menimbulkan pro dan kontra. Terbaru terdapat kritik dari pembalap papan atas, Marc Marquez.

Marquez menuturkan, saat ini penggunaan teknologi aero sudah berada di atas batas kewajaran. Perlu adanya pembatasan bagi tiap pabrikan dalam memakai teknologi tersebut.

"Bagi saya, pertama kita harus mengurangi aerodinamika. Ini untuk masa depan MotoGP. Saya tidak tahu apakah kita akan berada di sana. Namun dalam dua, tiga, dan empat tahun. Kita butuh pengurangan aerodinamika," terang Marquez.

Baca Juga:

Hak Siar MotoGP Akan Berpindah Tangan?

'Ditampar' Kenyataan, Yamaha Diam Seribu Bahasa

Marquez lantas menjelaskan alasan teknis di balik kritikan ini. Dia mengaku semenjak teknologi aerodinamika diterapkan secara gila-gilaan, banyak pembalap yang kesulitan melakukan overtake.

"Ini membuat motor sedikit lambat. Sekarang kita menggunakan banyak torsi karena tidak ingin terjadi wheelie. Kita juga mengerem sangat dalam," ungkap pembalap berjuluk The Baby Alien ini.

"Kamu hanya perlu mengikuti Racing line. Kamu tidak perlu bertarung dalam menjinakkan motor dan lebih sulit menyalip pembalap lain," tambahnya.

Marquez tidak menampik, pengurangan aerodinamika bisa membuat motor menjadi lebih lambat. Namun dia yakin hal tersebut tidak akan berpengaruh pada keseruan balapan.

"Jadi pertama kita harus mengupayakannya. Lalu jika motor lebih lambat, maka pertunjukkan juga makin seru. Kenapa? Karena orang-orang yang menonton di TV tidak akan menyadari kami berkendara dalam kecepatan 360 km/jam atau 340 km/jam. Intinya kecepatan tetap di atas 300 km/jam," terangnya.

Berkaca dari permasalahan ini, Marque berharap pihak-pihak terkait segera menemukan solusinya. Setidaknya ada regulasi yang mengatur batasan penggunaan aerodinamika.

"Tetapi mereka harus bekerja sesuai regulasi karena sekarang setiap saat lebih banyak aero digunakan pada musim ini, tidak hanya satu pabrikan tetapi semuanya," kata pembalap Gresini Racing ini.

"Motor jadi terlihat seperti F1 dengan sayap belakang. Sayap ini tidak hanya ada di depan tapi juga di belakang," tutupnya.

Penulis: Bintang Rahmat.

Motogp Marc marquez
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan