Marc Guiu, Satu Lagi dari La Masia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 23 Oktober 2023
Marc Guiu, Satu Lagi dari La Masia
Marc Guiu (Twitter Barcelona)

BolaSkor.com - La Masia tidak berhenti melahirkan pemain-pemain berbakat untuk Barcelona. Kali ini, pemain yang mencuat ke permukaan adalah Marc Guiu. Ia menjadi pahlawan kemenangan Barcelona melawan Athletic Bilbao.

Barcelona mengusung misi tiga poin ketika menjamu Athletic Bilbao pada laga lanjutan LaLiga musim ini. Barca sadar, tiga poin sangat penting untuk tetap mendekati Real Madrid yang ada di puncak klasemen.

Namun, tidak mudah bagi Barcelona untuk membongkar pertahanan Bilbao. Tim tamu bermain rapat dan mengandalkan serangan balik cepat.

Menghadapi kebuntuan, Xavi Hernandez memasukkan Marc Guiu pada menit ke-79. Kemudian, hanya 23 detik berselang, pemain 17 tahun itu mencetak gol yang pada akhirnya memenangkan Barcelona.

Sang striker terlihat tenang pada laga debutnya bersama Barcelona. Ia punya insting mencetak gol tinggi yang dibuktikan dengan kemampuan menempatkan bola di antara kedua kaki penjaga gawang.

Baca Juga:

Logo Legendaris Rolling Stones Akan Hiasi Jersey Barcelona pada El Clasico

Cara Cerdik Barcelona Dapatkan Joao Felix Secara Permanen

Pelatih Inter Miami Respons Kabar Lionel Messi Dipinjamkan ke Barcelona

Gol itu pun disambut sorakan dari penjuru Estadi Olimpic Lluis Companys. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat keluarga Guiu yang menonton langsung di stadion tidak bisa membendung air mata bahagia.

Bagi Guiu, ini adalah momen yang tidak akan dilupakan sepanjang hidupnya. Perjuangannya dari La Masia mulai membuahkan hasil.

"Saya tidak percaya. Saya menikmati momen ini. Saya telah bekerja selama ini untuk mendapatkan kesempatan dan hasilnya sempurna," tegas Guiu menurut laporan Football Espana.

Memiliki nama lengkap Marc Guiu Paz, sang striker lahir di Granollers, Spanyol, pada 2006. Ia sudah menjadi penggawa La Masia sejak kelompok umur.

Mendapatkan kesempatan menembus Barcelona UEFA U-19, Guiu menorehkan dua gol dari tujuh pertandingan. Ia juga merupakan bagian dari Spanyol U-17 dengan catatan delapan gol dari 12 laga.

Menilik gaya main, Guiu merupakan striker yang kuat dalam menjaga bola. Ia juga punya insting mencetak gol yang tinggi. Guiu pandai memanfaatkan peluang sekecil apa pun menjadi gol.

Guiu optimistis punya masa depan cerah di Barcelona. Ia mengajak rekan-rekannya di La Masia untuk terus berjuang.

"La Masia berhasil dan masih banyak lagi. Saya belum melihat telepon dan saya tahu tidak akan tidur malam ini. Kepada pemain La Masia saya ingin mengatakan teruslah berusaha. Kami semua semangat untuk mencapai titik ini," urai Guiu.

Sementara itu, keberhasilan Guiu pada debutnya semakin meyakinkan Xavi untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda. Ketika banyak pemain utama yang cedera, Barca masih memiliki La Masia yang siap memasok barisan pemain berkualitas.

"Itu adalah kemenangan yang diperjuangkan dengan susah payah. Kami tahu Athletic Bilbao akan menjadi lawan yang tangguh. Guiu, pemain La Masia, membuat perbedaan bagi kami. Saya senang untuknya dan tiga poin ini. Itu sangat penting," papar Xavi.

La Masia memang dikenal sebagai satu di antara akademi sepak bola terbaik. Legenda Barcelona, seperti Lionel Messi, Gerard Pique, Xavi, Charles Puyol, Cesc Fabregas, Pep Guardiola dan Andres Iniesta merupakan jebolan akademi itu.

Tidak berhenti sampai di situ, ada sejumlah pemain lain yang tidak melanjutkan karier di Barca, seperti Andre Onana, Dani Olmo, dan Mauro Icardi yang juga berasal dari La Masia.

Tak pelak, Xavi ingin legitimasi La Masia terus terjaga. Xavi akan terus mempromosikan pemain akademi yang dianggap menjanjikan.

"Saya memilihnya karena Guiu memiliki tujuan, semangat, dan saya pribadi menyukainya. Saya tidak punya masalah untuk memainkan pemain akademi. Saya memberikan sesuatu yang Barcelona berikan ketika saya berusia 17 tahun," ungkap Xavi.

Kini, Marc Guiu wajib terus mengasah kemampuannya. Sebab, tidak jarang pemain asal La Masia yang gagal bertahan di tim utama Barcelona.

Barcelona Breaking News LaLiga Marc Guiu La Masia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.538

Bagikan