Leonardo Bonucci Pertanyakan Keputusan Wasit Anulir Gol Kemenangan Juventus

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 12 September 2022
Leonardo Bonucci Pertanyakan Keputusan Wasit Anulir Gol Kemenangan Juventus
Leonardo Bonucci (Twitter)

BolaSkor.com - Juventus nyaris meraih kemenangan dramatis saat menjamu Salernitana andai gol Arkadiusz Milik di pengujung laga tak dianulir wasit. Keputusan ini pun mengundang pertanyaan dari kapten Juventus, Leonardo Bonucci.

Dalam laga lanjutan Serie A 2022-2023 yang berlangsung di Allianz Stadium, Senin (12/9) dini hari WIB, Juventus harus puas bermain imbang 2-2 kontra Salernitana. Padahal Si Nyonya Tua nyaris melakukan comeback sensasional.

Juventus secara mengejutkan harus tertinggal dua gol lebih dulu hingga babak pertama berakhir. Salernitana sukses mencuri gol lewat aksi Antonio Candreva dan penalti Krzysztof Piatek.

Baca Juga:

Juventus 2-2 Salernitana: Bianconeri Batal Menang Dramatis

Kronologi Keributan di Akhir Laga Juventus Vs Salernitana

Pemilik Juventus Masih Percaya dengan Massimiliano Allegri

Namun Juventus menunjukkan mental juaranya pada babak kedua. Tuan rumah memulai usaha comeback usai sundulan Gleison Bremer memperkecil kedudukan pada menit ke-51.

Di sisa laga, Juventus mengurung pertahanan Salernitana. Namun gol penyama kedudukan baru tercipta pada masa injury time melalui Leonardo Bonucci memanfaatkan bola rebound dari sepakan penalti yang mampu ditepis Luigi Sepe.

Puncak drama di pertandingan ini terjadi tak lama kemudian. Comeback Juventus menjadi sempurna usai sundulan Arkadiusz Milik bersarang di gawang Salernitana dan mengubah skor menjadi 3-2.

Penyerang berkebangsaan Polandia itu merayakan gol dengan cukup emosional. Ia membuka jersey meski sudah menerima satu kartu kuning.

Matteo Marcenaro selaku wasit yang bertugas kemudian memberikan kartu kuning kedua kepada Milik. Namun drama tak berhenti sampai di situ.

Sebelum pertandingan dilanjutkan kembali, wasit mendapat perintah dari petugas VAR untuk mengecek tayangan ulang gol Milik. Ada potensi terjadinya offside yang dilakukan Bonucci.

Ketika Milik melakukan sundulan, Bonucci yang berada di belakangnya coba berusaha menjangkau bola meski tidak berhasil. Posisinya ketika melakukan gerakan ini berada dalam posisi offside.

Wasit dan petugas VAR tampaknya menilai aksi Bonucci sebagai pergerakan aktif yang mengganggu konsentrasi Sepe di bawah mistar Salernitana. Maka dari itu gol tersebut dianulir.

Bonucci tak habis pikir dengan keputusan wasit. Ia merasa tidak mengenai bola sehingga tidak dianggap aktif.

“Penjelasan wasit adalah saya terlibat dalam permainan aktif. Namun Sepe tidak akan pernah menangkap bola itu dan posisi saya tidak mengganggu potensi penyelamatannya," kata Bonucci kepada DAZN.

"Saya tidak terlibat dalam permainan aktif dan bek Salernitana bahkan menarik baju saya."

Selain itu, keputusan wasit menilai Bonucci dalam posisi offside juga mengundang pertanyaan baru. Posisi Antonio Candreva yang berada di sudut lapangan terlihat lebih dekat dengan garis gawang.

Namun tayangan ulang yang ditampilkan lewat layar televisi hanya fokus kepada posisi Bonucci. Wajar jika keputusan ini mengundang pertanyaan.

“Saya kurang dari satu meter di belakang area gawang, sedangkan Candreva tampak berada di atasnya. Jika Anda melihat warna rumputnya, Candreva bisa membuat saya tetap onside," tambahnya.

“Saya harap mereka (wasit) mempertimbangkan posisinya, tetapi saya kira kita tidak akan pernah mengetahuinya."

Terlepas dari polemik gol ketiga, Bonucci mengaku kecewa dengan performa inkonsisten Juventus. Hal ini berpotensi membuat mereka sulit untuk kembali bersaing dalam perburuan gelar.

“Kami telah memainkan permainan rollercoaster dalam dua musim terakhir dan itu tidak bisa terjadi. Masalahnya adalah sesuatu yang harus kita pahami bersama,” kata Bonucci lagi.

“Sekarang kami harus menganalisis babak pertama, jika kami bermain seperti itu, kami tidak akan ke mana-mana. Jika kami bermain seperti di babak kedua, kami bisa memiliki peran di liga.”

Leonardo Bonucci Juventus Salernitana Serie a Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan