Korupsi Sistemik di Perwasitan Spanyol Untungkan Barcelona

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 06 September 2023
Korupsi Sistemik di Perwasitan Spanyol Untungkan Barcelona

BolaSkor.com - Pengadilan Spanyol mengatakan bahwa raksasa sepak bola Barcelona mungkin mendapat keuntungan selama hampir dua dekade dari “kemungkinan korupsi sistemik” di dalam komite wasit. Hal ini terungkap dari dokumen pengadilan.

Hakim investigasi Joaquin Aguirre Lopez mengatakan dia yakin tim LaLiga lainnya yang berkompetisi melawan Barcelona antara tahun 2001 dan 2018 mungkin telah dirugikan oleh skema yang dituduhkan tersebut dan dapat mengambil tindakan hukum.

Baca Juga:

Tolak Tawaran Selangit Al Hilal, Mbappe Dikabarkan Pilih Real Madrid

Kylian Mbappe Akan Pindah ke Real Madrid pada Deadline Day

Jawaban Mauricio Pochettino Terkait Rumor Chelsea Incar Kylian Mbappe

Jose Maria Enriquez Negreira

Pada Maret lalu, jaksa mengajukan tuntutan atas dugaan pembayaran lebih dari 7,3 juta euro atau Rp 119,5 miliar selama 17 tahun (1993 hingga 2018) kepada perusahaan-perusahaan milik Jose Maria Enriquez Negreira, yang merupakan wakil presiden komite wasit federasi sepak bola (CTA).

Pesaing Barca, Real Madrid, telah bergabung dalam tuntutan hukum tersebut sebagai pihak yang dirugikan dalam dugaan kasus skandal wasit itu.

“Ini diasumsikan secara logis bahwa Barcelona tidak akan membayar wakil presiden Negreira sekitar 7 juta euro sejak 2001 jika mereka tidak mendapat manfaat,” kata Joaquin Aguirre Lopez dalam putusan yang menolak banding Barcelona.

Dia mengatakan tim lainnya juga berpotensi dirugikan, jika terbukti bahwa CTA menugaskan wasit pada pertandingan tertentu berdasarkan kriteria yang tidak berkaitan dengan kualitas teknis.

Menurut hakim, Negreira bertanggung jawab untuk menentukan peringkat dan mengevaluasi wasit. Namun, sejauh ini tidak ada bukti yang ditemukan bahwa Negreira membayar wasit untuk mempengaruhi hasil pertandingan.

Pengadilan juga membuka kasus terpisah untuk menyelidiki dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh Negreira.

Barcelona LaLiga Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.232

Bagikan