Komite Wasit Inggris Akui Menganulir Gol Luis Diaz adalah Kesalahan Besar

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Minggu, 01 Oktober 2023
Komite Wasit Inggris Akui Menganulir Gol Luis Diaz adalah Kesalahan Besar
Proses gol Luis Diaz (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah drama tersaji pada duel Tottenham Hotspur melawan Liverpool. Gol Luis Diaz yang dianulir oleh VAR ternyata sah dalam hasil peninjauan kembali yang dilakukan komite wasit Inggris. Itu artinya, The Reds dirugikan pada laga kali ini.

Liverpool menelan kekalahan 2-1 saat bertamu ke markas Tottenham pada pertandingan lanjutan Premier League 2023-2024, di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu (30/9). Terjadi sejumlah drama pada duel itu.

Drama dimulai usai gol Luis Diaz pada babak pertama yang dianulir oleh VAR karena dianggap offside. Padahal, jika dilihat dalam tayangan ulang, Diaz jelas masih berada di belakang pemain terakhir Tottenham. Namun, wasit Simon Hooper tetap menggunakan VAR sebegai rujukan untuk membatalkan gol tersebut.

Baca Juga:

3 Alasan Chelsea Pantang Memecat Mauricio Pochettino

Tottenham Hotspur 2-1 Liverpool: Drama di London Utara

Hasil Piala Liga Inggris: Arsenal, Chelsea, dan Liverpool Melaju

Setelah terjadi kontroversi usai pertandingan, akhirnya komite wasit Inggris, PGMOL, buka suara. Mereka mengakui jika telah terjadi kesalahan.

"PGMOL mengakui kesalahan manusia yang signifikan selama Tottenham Hotspur Vs Liverpool. Gol Luiz Diaz dianulir karena offside oleh tim ofisial pertandingan di lapangan. Ini adalah kesalahan faktual yang jelas dan nyata dan seharusnya mengakibatkan gol tersebut disahkan," bunyi pernyataan PGMOL.

Tak pelak, Jurgen Klopp sangat geram dengan kesalahan tersebut. Ia merasa ini bukan pertama kalinya Liverpool dirugikan.

"Jika Anda melihatnya, itu bukan offside. Bola berada di antara kaki Mo Salah. Mereka salah menarik garis dan tidak menilai momen ketika Salah mengoper bola dengan benar," tegas Klopp menurut laporan Sky Sports.

"Kami tidak akan mendapatkan poin karena pernyataan itu. Kami semua berpikir ketika VAR diterapkan, semuanya jadi lebih mudah."

"Keputusan itu diambil dengan sangat cepat. Keputusan itu mengubah momentum pertandingan," sambung manajer asal Jerman itu.

Selain gol yang dianulir, Liverpool juga bermain dengan sembilan penggawa setelah Curtis Jones dan Diogo Jota mendapatkan kartu merah. Menurut Klopp, hukuman kartu merah juga tidak pantas diberikan kepada Curtis Jones.

"Curtis menginjak bola dan melewatinya. Itu bukan tekel yang buruk. Kelihatan berbeda dalam gerak lambat. Dia menginjak bola dengan kecepatan penuh dan mendapatkannya. Itu sungguh sial," ungkap Klopp.

Luis Diaz Liverpool Tottenham Hotspur Breaking News Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.540

Bagikan