Kisah Listianto Raharjo soal Henk Wullems: Berbagi Rokok hingga Maaf di Final SEA Games 1997

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 20 Agustus 2020
Kisah Listianto Raharjo soal Henk Wullems: Berbagi Rokok hingga Maaf di Final SEA Games 1997
Henk Wullems. (Istimewa)

BolaSkor.com - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems meninggal dunia di Tilburg, Belanda, pada usia 84 tahun. Kepergian pelatih kharismatik itu juga meninggalkan duka mendalam bagi sepak bola Indonesia.

Tentu saja, mantan juru taktik AZ Alkmaar itu pernah menghabiskan waktu yang cukup lama berkarier di Indonesia. Tak sekadar berkarir, tangan dingin Wullems mampu menorehkan sederet prestasi seperti juara Liga Indonesia bersama Bandung Raya dan PSM Makassar.

Sementara kala melatih Timnas Indonesia, sang meneer membawa skuat Garuda meraih medali perak di SEA Games 1997. Dalam partai final, tim Merah Putih kalah dramatis dari Thailand.

Baca Juga:

Kenang Henk Wullems, Budiman: Tegas dan Dekat dengan Pemain

4 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Tangani Timnas Indonesia Selain Henk Wullems

Sederet prestasi dan kisah itu masih membekas di diri para mantan pemain, termasuk eks kiper Timnas Indonesia, Listianto 'Bejo' Raharjo. Satu kata bagi Bejo yang menggambarkan sosok Henk Wullems: kharismatik.

"Bagi saya, sosok Henk Wullems itu sangat kharismatik. Dia berasal dari Eropa, namun sangat paham bagaimana mengedepankan adat ketimuran," kata Bejo saat berbincang dengan BolaSkor.com melalui sambungan telepon.

Henk Wullems memimpin timnas. (Istimewa)

Bagi pelatih kiper PSS Sleman itu, Wullems tahu betul bagaimana membangun skuat mumpuni dengan pendekatan ke para pemain. Sang pelatih disebut Bejo mampu mengenal dan memahami karakter satu per satu pemain.

"Jadi dia sangat dekat dengan pemain, tahu kelemahan dan kelebihan dan sering ngajak berbicara. Meskipun dari Eropa, namun coach Wullems itu tidak saklek, makanya saya tak heran dia akhirnya banyak prestasi saat di Indonesia," paparnya.

Baca Juga:

Henk Wullems di Mata Widodo Cahyono Putro, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Bima Sakti

Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Henk Wullems Meninggal Dunia

"Makanya saya rasa belum ada sosok pelatih asing sampai sekarang yang memilki kharisma seperti beliau. Pelatih yang mau mendengarkan dan berbagi cerita dengan pemain," ujar kiper Timnas Indonesia di SEA Games 1997 tersebut.

Bejo menceritakan, salah satu bentuk kedekatan adalah masalah rokok. Sikap terbuka saat di luar lapangan membuat sang pelatih tak jarang menghisap rokok bersama pemain.

"Kadang coach Henk Wullems menghampiri saya untuk meminta rokok saat sedang santai. Bagi beliau di luar lapangan itu urusan masing-masing pemain, terpeting saat di lapangan kami bisa memberikan yang terbaik," ujar dia.

Henk Wullems. (Nos.nl)

Meski demikian, ada seklumit kisah yang tak bisa dilupakan Bejo bersama Henk Wullems saat menjelang partai final SEA Games 1997 melawan Thailand. Saat itu, Bejo yang sempat tampil gemilang di semifinal harus duduk di bangku cadangan. Kiper utama saat itu adalah Kurnia Sandy.

"Sebelum final, coach Henk Wullems datang ke kamar saya untuk berbincang sekaligus meminta maaf karena tidak bisa menampilkan saya di final. Beliau memberikan penjelasan panjang lebar dan saya memahami."

"Mungkin kalau pelatih lain ya 'main nggak main urusan saya', tapi beliau sampai berbicara empat mata," pungkas Listianto.(Laporan Kontributor Muhammad Fadly/Yogyakarta)

Henk Wullems Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan