Kenang Henk Wullems, Budiman: Tegas dan Dekat dengan Pemain

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 20 Agustus 2020
Kenang Henk Wullems, Budiman: Tegas dan Dekat dengan Pemain
Henk Wullems. (Nos.nl)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Persib Bandung, Budiman turut merasakan duka yang mendalam atas meninggalnya Henk Wullems pada Selasa (18/8). Menurutnya banyak jasa yang telah diberikan pelatih asal Belanda itu.

Bersama Henk Wullems, Budiman berhasil mempersembahkan gelar juara untuk Mastrans Bandung Raya di kompetisi Liga Indonesia kedua tahun 1995/1996. Lalu Budiman dipilih Henk Wullems untuk bergabung bersama tim nasional Indonesia pada tahun 1996.

"Dia itu seorang pelatih yang sangat sederhana, tapi tegas. Dia juga sangat mengerti pemain dan program latihannya di lapangan tidak terlalu ribet," kata Budiman saat dihubungi, Rabu (19/8).

Baca Juga:

4 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Tangani Timnas Indonesia Selain Henk Wullems

Henk Wullems di Mata Widodo Cahyono Putro, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Bima Sakti

Budiman mengaku takjub dengan cara Henk Wullems dalam menangani para pemainnya. Bahkan hampir seluruh pemain yang diasuhnya, memiliki kedekatan.

"Bukan hanya pemain, semua yang ada di lingkungan Bandung Raya, semua dia rangkul. Dia senang becanda, dia juga pemain yang bisa meratakan, tidak ada pemain emas," kenangnya.

Menurutnya banyak cara dilakukan Henk Wullem saat menangani para pemainnya untuk bisa menjadi lebih dekat. Sehingga seluruh pemain, nyaman dalam pelatihannya.

"Dia tahu tanggal ulang tahun pemain. Jadi selalu bikin surprise pemain. Kadang-kadang ngajak makan-makan untuk yang ulang tahun," kenangnya lagi.

Karena itu, Budiman mengaku merasa kehilangan dengan sosok Henk Wullems. Dia berharap Henk Wullems mendapatkan tempat terindah.

"Selamat jalan coach Henk," tutup Budiman. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Timnas Indonesia Henk Wullems
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan