Ketum PSSI Erick Thohir Terbuka Cari Pemain Diaspora untuk Perkuat Timnas Putri Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 21 Februari 2024
Ketum PSSI Erick Thohir Terbuka Cari Pemain Diaspora untuk Perkuat Timnas Putri Indonesia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersalaman dengan pelatih Timnas Putri Indonesia Satoru Mochizuki. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir membuka peluang mencari pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Putri Indonesia.

Sebelumnya, hal ini dilakukan Shin Tae-yong di Timnas Putra dalam semua kelompok umur, mulai dari tim senior, tim U-23, tim U-20, dan tim U-16.

Erick ingin membangun kekuatan Timnas Putri Indonesia dengan mengumpulkan pemain-pemain terbaik, termasuk yang berstatus diaspora.

Keseriusan PSSI ini juga dibuktikan dengan mengontrak pelatih asal Jepang, Satoru Mochizuki, untuk menukangi Timnas Putri.

Satoru Mochizuki merupakan salah satu pelatih berpengalaman di Jepang. Ia memulai kariernya pada tahun 1998 saat menukangi tim J League 1, Kyoto Sanga FC.

Baca Juga:

Satoru Mochizuki Bakal Blusukan ke Daerah Cari Potensi Terbaik untuk Timnas Putri Indonesia

Piala Asia Putri U-17 Jadi Tugas Pertama Satoru Mochizuki di Timnas Putri Indonesia

Setelah dari Kyoto Sanga FC, Satoru direkrut oleh Vissel Kobe pada tahun 2000. Kemudian dari tahun 2008, Satoru mulai menjadi pelatih di Timnas Putri Jepang.

Satoru turut menjadi bagian dari keberhasilan Timnas Putri Jepang meraih peringkat empat Olimpiade Beijing 2008, juara Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman, dan runner-up Olimpiade London 2012.

"Kami terbuka, tapi yang tidak boleh dikotomi hari ini selalu bicara nasional dan diaspora," kata Erick Thohir.

"Kami bangun timnas dengan siapa pun yang mau bawa Merah-Putih juara. Kami terbuka melihat pemain diaspora" ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara tersebut menambahkan.

Meski demikian, Erick Thohir memastikan bahwa PSSI tidak akan melupakan pembinaan usia dini. Erick menyebut grassroot akan dibina.

"Timnas punya strategi jangka panjang," ujar pria berusia 53 tahun tersebut.

Timnas Putri Indonesia Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan