Ketum PSSI Erick Thohir Datangkan Bek Venezia Jay Idzes untuk Perkuat Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 06 September 2023
Ketum PSSI Erick Thohir Datangkan Bek Venezia Jay Idzes untuk Perkuat Timnas Indonesia
Jay Idzes bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Istimewa)

BolaSkor.com - PSSI mendatangkan satu pemain asal Belanda untuk dinaturalisasi. Dia adalah Jay Idzes.

Jay Idzes merupakan seorang bek yang saat ini bermain untuk klub Serie B, Venezia. Idzes diundang secara khusus oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir ke Jakarta untuk melakukan proses administrasi perubahan kewarganegaraan dari Warga Negara Belanda jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Erick berharap Idzes bisa memperkuat sektor pertahanan Timnas Indonesia. Ini jadi komitmen Erick mewujudkan program Garuda Mendunia.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah-Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia," kata Erick Thohir dalam keterangan yang diterima awak media, Rabu (6/9).

Erick optimistis kehadiran Jay Idzes bisa menaikkan level Timnas Indonesia. Musim lalu, pemain berusia 23 tahun itu jadi andalan Go Ahead Eagles yang finis di peringkat 11 Eredivisie atau Liga Utama Belanda.

Baca Juga:

Berpeluang Debut untuk Timnas Indonesia, Aji Kusuma Fokus Berikan yang Terbaik

Sandy Walsh Lebih Santai Jalani Latihan demi Debut Timnas Indonesia

Erick juga mengapresiasi keputusan sang pemain yang lebih memilih Indonesia ketimbang Belanda. Idzes, kata Erick, dibidik oleh Timnas Belanda.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan Insyaallah akan menambah kekuatan timnas kita," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Dia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya.

Idzes mengenal sepak bola sejak usia 7 tahun. Ketika itu dia bergabung dengan salah satu klub amatir di Mierlo, yakni SC Brabant.

Pada usia 9 tahun, bakat Jay Idzes dilirik oleh klub elite Belanda, PSV Eindhoven. Di sana, Ia bertahan selama lima tahun sebelum pindah ke akademi VVV-Venlo serta Helmond Sport pada 2014.

Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven dan bermain di tim akademi junior. Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay Idzes mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan.

Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Jay Idzes kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027.

Jay Idzes Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.419

Bagikan