Ketika Chelsea Menjadi Klub Paling Boros Sepanjang Sejarah Bursa Transfer

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 02 Februari 2023
Ketika Chelsea Menjadi Klub Paling Boros Sepanjang Sejarah Bursa Transfer
Todd Boehly (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2022-2023 membuat Chelsea sibuk mendatangkan pemain anyar. Tidak tanggung-tanggung, statistik mencatat Chelsea adalah tim paling banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain dalam semusim.

Sinyal perubahan di kubu Chelsea sudah terlihat sejak Todd Boehly berada di kursi pemimpin. Sang pengusaha membeli Chelsea dari tangan Roman Abramovich.

Keberadaan Boehly membawa perubahan besar. Bukan hanya dari sisi manajemen, tetapi juga materi pemain. Apalagi, ia memecat Thomas Tuchel dan menunjuk Graham Potter sebagai pengganti.

Baca Juga:

5 Pemain yang Gagal Hengkang pada Deadline Day Transfer Musim Dingin 2023

Gagal ke PSG, Hakim Ziyech Masih Berpeluang Meninggalkan Chelsea

Dikenalkan Chelsea, Enzo Fernandez Salut dengan Kegigihan The Blues

Sejak awal musim, Chelsea sudah sibuk mencari pemain. The Blues mendatangkan beberapa nama, seperti Wesley Fofana, Kalidou Koulibaly, Raheem Sterling, dan Marc Cucurella.

Tidak berhenti sampai di situ, Chelsea kembali aktif memboyong pemain pada jendela transfer tengah musim. Enzo Fernandez (pemain termahal Chelsea pada musim ini, Red), Mykhaylo Mudryk, Malo Gusto, dan Joao Felix adalah beberapa amunisi yang bergabung.

Menurut catatan The Athletic, Chelsea sudah menghabiskan dana hingga 552 juta pounds hanya untuk membeli pemain pada dua jendela transfer musim ini. Jumlah tersebut belum termasuk dengan bonus. Total, ada 16 pemain yang menjadi bagian The Blues.

Jumlah itu menempatkan Chelsea sebagai tim paling banyak menggelontorkan uang untuk membeli pemain dalam satu musim. Peringkat kedua ditempati Barcelona yang mengucurkan dana 335 juta pounds pada musim 2017-2018.

Sementara itu, Real Madrid menduduki posisi ketiga. Pada musim 2019-2020, El Real menghabiskan dana hingga 314 juta pounds.

Beralih ke posisi keempat dan kelima, bercokol Manchester City (280 juta pounds, 2017-2018) plus Barcelona (262 juta pounds, 2019-2020).

Lebih menariknya lagi, BR Football mencatat pengeluaran Chelsea pada musim ini lebih besar daripada seluruh tim LaLiga dan Bundesliga. Jika Chelsea menghabiskan 666,7 juta dollar Amerika, LaLiga hanya menyentuh angka 608 juta dollar Amerika dan Bundesliga sebesar 604 juta dollar Amerika.

Kini, dengan uang yang telah dihabiskan, tentunya Chelsea diharapkan kembali bersaing di jalur juara. Selain itu, The Blues juga perlu memutar otak agar tidak terbentur Financial Fair Play.

Chelsea Breaking News Todd Boehly Premier League Bursa transfer
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.179

Bagikan