Jelang Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir Sebut Kondisi SUGBK Memprihatinkan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 13 Maret 2023
Jelang Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir Sebut Kondisi SUGBK Memprihatinkan
Ketum PSSI Erick Thohir meninjau kondisi SUGBK usai dipakai BLACKPINK. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara (LOC) Piala Dunia U-20 2023 Erick Thohir menilai kondisi lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) memprihatinkan.

Ini disampaikan Erick usai meninjau SUGBK pada Senin (13/3). Kedatangan Erick sekaligus menutup rangkaian kunjungannya ke enam stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023.

"Kami sudah melihat satu per satu kondisi di enam lapangan, dan pemerintah pusat sudah mengambil alih sebagian pekerjaan untuk pemerintah daerah. Khusus di Stadion Utama GBK, saya sudah bicara dengan Direktur PPKGBK apapun yang sudah dijalankan selama ini harus kita pertahankan sama-sama."

"Perbaikan rumput harus segera dijalankan karena kondisi yang kritikal dan memprihatinkan. Ini megalapangan di Indonesia yang sangat penting buat kejuaraan dunia," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

SUGBK Ditutup untuk Berbagai Kegiatan, Bagaimana Nasib Persija Vs Persib?

Erick Thohir Sebut Piala Dunia U-20 2023 Bisa Bangkitkan Pariwisata Olahraga di Bali

Erick Thohir Berharap Stadion si Jalak Harupat Tidak Dicoret FIFA untuk Piala Dunia U-20

Karena itu, Erick meminta SUGBK steril dari berbagai kegiatan, baik olahraga maupun non-olahraga. Sebelumnya, saat proses perbaikan rumput, SUGBK sempat dijadikan venue konser RAISA pada 25 Februari dan BLACKPINK pada 11 dan 12 Maret.

Meski pengelola melakukan penutupan dengan karpet khusus yang didatangkan dari luar negeri untuk melindungi rumput, nyatanya ada kerusakan di beberapa titik.

SUGBK juga mengalami penundaaan penjadwalan untuk proses penjahitan dengan rumput sintetis demi menjaga kekuatan akar.

Erick berharap kondisi SUGBK sudah kembali ideal saat pemeriksaan oleh FIFA pada 21-27 Maret mendatang.

"Tidak ada lagi event di sini (SUGBK). Apakah event olahraga, event kesenian, tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritikal dan rumputnya memprihatinkan. Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia."

"Saya rasa dengan pimpinan kepala daerah, Direksi SUGBK, kita pastikan solid. Apapun, kita harus pertahankan kondisi rumput terbaik untuk kejuaraan dunia yang sudah kita persiapkan selama ini,” tambahnya.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni di enam kota. Selain di SUGBK (Jakarta), turnamen ini bakal dihelat di Gelora Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Pssi Erick thohir Piala dunia u-20 Stadion utama gelora bung karno Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.502

Bagikan