Jawaban Shin Tae-yong soal Timnas U-23 'Dibantu' Vietnam Lolos Semifinal Piala AFF U-23 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 23 Agustus 2023
Jawaban Shin Tae-yong soal Timnas U-23 'Dibantu' Vietnam Lolos Semifinal Piala AFF U-23 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong yakin semua tim peserta Piala AFF U-23 2023 bermain dengan sportif. Ini sebagai jawaban dari adanya anggapan bahwa Timnas Indonesia U-23 dibantu oleh Vietnam untuk lolos ke semifinal.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan tiket semifinal Piala AFF U-23 2023 sebagai runner-up terbaik. Indonesia yang mengumpulkan 3 poin unggul dari Kamboja (Grup A) dan Filipina (Grup C) yang sama-sama mengumpulkan 1 poin. Adapun kemenangan Kamboja atas Brunei Darussalam tidak dihitung.

Ini disebabkan Brunei Darussalam menempati peringkat 4. Seluruh hasil pertandingan Grup A melawan Brunei tidak dihitung karena Grup B dan Grup C hanya diisi oleh tiga tim. Hanya Grup A yang dihuni oleh empat tim.

Timnas Indonesia U-23 nyaris gagal lolos ke semifinal jika Filipina bisa mengalahkan Vietnam. Seandainya Filipina menang, maka mereka akan memuncaki Grup C dengan 4 poin.

Sedangkan, Vietnam yang di peringkat kedua masih punya peluang lolos sebagai runner-up grup terbaik, jika kalahnya tidak lebih dari dua gol. Pasalnya, Vietnam (+3, sebelum hasil melawan Filipina) unggul selisih gol dari Indonesia (0).

Baca Juga:

Shin Tae-yong Yakin Laga Timnas U-23 Vs Thailand Berjalan Menarik

Timnas Indonesia U-23 Dituntut Main Simpel Lawan Thailand

Namun, skenario itu tak terjadi setelah Vietnam menang 1-0 atas Filipina. Kemenangan tim dengan julukan The Golden Stars itu ditentukan oleh gol Nguyen Huu Tuan di menit 88.

"Saya memiliki filosofi sepak bola sendiri yaitu bermain dengan fairplay," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengapresiasi hal tersebut karena punya pengalaman buruk di Piala AFF U-19 2022. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 tersingkir di fase grup. karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand.

Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 11 poin di klasemen akhir Grup A. Namun, Tim Merah-Putih harus menempati peringkat 3 karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand. Indonesia hanya bermain imbang 0-0 ketika bertemu kedua tim tersebut.

Ketika itu, peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos sebetulnya terbuka lebar jika laga Thailand kontra Vietnam tidak berakhir imbang. Salah satu dari kedua tim itu harus menang untuk menjadi juara grup dan Indonesia runner-up. Sayangnya harapan itu pupus setelah skor 1-1 menjadi hasil akhir dari laga Thailand Vs Vietnam.

"Ketika Piala AFF U-19 di Indonesia (tahun lalu) dalam pertandingan Thailand vs Vietnam, saya percaya pertandingan itu berjalan jauh dari fair play. Jadi saya pikir yang disajikan Vietnam (vs Filipina) dalam pertandingan kemarin malam itu bagus," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Semifinal Piala AFF U-23 2023 mempertemukan tuan rumah Thailand U-23 dengan Timnas Indonesia U-23 serta Malaysia U-23 Vs Vietnam U-23. Kedua laga tersebut digelar di Stadion Provinsi Rayong pada Kamis (24/8).

Timnas indonesia u-23 Piala AFF U-23 Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.002

Bagikan