Timnas Indonesia U-23 Dituntut Main Simpel Lawan Thailand

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 23 Agustus 2023
Timnas Indonesia U-23 Dituntut Main Simpel Lawan Thailand
Aksi para pemain Timnas Indonesia U-23 ketika bertemu Timor Leste. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23 2023 setelah keluar sebagai runner-up grup terbaik. Namun, di semifinal, Timnas Indonesia U-23 harus bertemu dengan Thailand U-23.

Thailand U-23 bukan saja berstatus sebagai tuan rumah. Tim dengan julukan Gajah Perang itu seringkali jadi batu sandungan untuk sang nahkoda Tim Merah-Putih, Shin Tae-yong.

Rekor Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia ketika menghadapi Thailand terbilang buruk. Dari enam pertemuan (empat di antaranya di Timnas Senior), Shin Tae-yong belum sekalipun mengalahkan Thailand.

Dari enam laga itu, Shin Tae-yong mendapatkan empat hasil imbang dan dua kekalahan. Salah satu kekalahan itu terjadi di laga kelompok U-23, tepatnya saat babak semifinal SEA Games 2021 (yang berlangsung tahun 2022) di Vietnam. Ketika itu, Thailand U-23 menang tipis 1-0.

Dengan catatan seperti itu, semifinal Piala AFF U-23 kontra Thailand di Stadion Provinsi Rayong, Kamis (24/8) akan menjadi laga yang tidak mudah untuk Shin Tae-yong. Apalagi, penampilan Timnas Indonesia U-23 di fase grup belum meyakinkan.

Baca Juga:

Vietnam Kalahkan Filipina, Indonesia Lolos ke Semifinal

Sikat Kamboja 2-0, Thailand Kunci Tempat di Semifinal

Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 dari Malaysia dan menang 1-0 atas Timor Leste. Garuda Muda pun lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik dengan 3 poin, unggul dari Kamboja (Grup A) dan Filipina (Grup C) yang memiliki satu poin.

Sesuai regulasi turnamen, kemenangan Kamboja atas Brunei Darussalam yang merupakan tim peringkat terakhir Grup A tidak dihitung. Ini dikarenakan Grup A dihuni oleh empat tim, sedangkan Grup B dan Grup C tiga tim.

Karena itu, berdasarkan evaluasi dari dua pertandingan di fase grup, pelatih Shin Tae-yong menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain lebih simpel ketika menghadapi Thailand U-23. Para pemain juga diminta cepat dan tepat untuk mengambil keputusan.

"Pastinya ada (evaluasi), sebelum latihan kita ada meeting, pastinya ada evaluasi juga bagaimana cara bermain dan lebih simpel saja dan harus lebih tepat mengambil keputusan," kata bek Timnas Indonesia U-23, Kadek Arel.

Timnas Indonesia U-23 sendiri sudah memulai persiapan untuk menghadapi Thailand U-23 sejak kemarin. Latihan berlangsung di Lapangan IRPC Technology College. Sesi latihan itu berlangsung selama 1 jam 30 menit yang dimulai pukul 16.40 WIB.

"Untuk menu latihan tadi tentu persiapan kita untuk melawan Thailand, taktikal gimana kita mempersiapkan lawan Thailand. Semoga nanti waktu lawan Thailand hasilnya baik," jelas Kadek.

Timnas indonesia u-23 Thailand u-23 Shin Tae-yong Kadek Arel Priyatna Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.320

Bagikan