Jamu Italia, Inggris Sudah Belajar dari Pengalaman Final Piala Eropa 2020

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 17 Oktober 2023
Jamu Italia, Inggris Sudah Belajar dari Pengalaman Final Piala Eropa 2020
Laga timnas Inggris kontra Italia di final Piala Eropa 2020 (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Inggris akan menjamu timnas Italia di laga delapan grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024 di Wembley, Rabu (18/10) pukul 01.45 dini hari WIB. Wembley dan Italia menyisakan kenangan pahit untuk The Three Lions.

Semua itu terjadi pada 2021 di final Piala Eropa 2020, yang sempat tertunda karena pandemi virus corona. Inggris menjadi tuan rumah di Wembley melawan Italia yang kala itu dibesut oleh Roberto Mancini.

Pertandingan di waktu normal berakhir imbang 1-1 dari gol Luke Shaw yang dibalas oleh Leonardo Bonucci. Laga berlanjut pada drama adu penalti dan Italia keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Dua penendang penalti Italia, Andrea Belotti dan Jorginho, gagal mencetak gol tetapi tiga eksekutor penalti Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka, juga gagal mengeksekusinya dengan baik.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Belanda Jaga Asa, Portugal Pesta Gol

Disambangi Polisi Terkait Skandal Judi, Zaniolo dan Tonali Dipulangkan dari Skuad Italia

Cetak Gol Ke-125, Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Lolos Kualifikasi Piala Eropa 2024

Tak ayal kala kedua tim bentrok nanti di tempat yang sama, Inggris ingin mengobati luka kekalahan di final tersebut. Ditegaskan oleh full-back senior Inggris, Kyle Walker, apabila Inggris sudah belajar banyak dari laga final tersebut.

"Tentu saja, untuk melakukan apa yang kami lakukan di musim panas yang istimewa itu (Piala Eropa 2020), untuk nyaris mencetak gol dan mungkin, bagi saya, kebobolan gol dari situasi bola mati ketika kami bermain sangat bagus, itu agak menyedihkan," ucap Walker dilansir dari Football-Italia.

"Tetapi saya merasa seperti di level klub, kami pergi ke Porto dan kalah melawan Chelsea (di final Liga Champions) dan kemudian dua tahun kemudian, saya pergi dan meraih treble."

"Jadi, saya rasa orang-orang dan tim berevolusi dari situ, saya pikir Anda belajar dari saat-saat ketika Anda mengalami kemunduran."

"Kami mendapatkan hasil imbang dan kami lolos. Pertama dan terpenting, ini tentang keluar dan menampilkan performa terbaik dan menang, tapi saya tidak akan malu jika skornya 0-0 dan kami lolos ke Piala Eropa (2024)," tegasnya.

Ditekankan juga oleh pelatih Inggris, Gareth Southgate, timnya sudah belajar banyak dari pengalaman melawan Italia di final Piala Eropa 2020. Dengan pengalaman itu timnya semakin baik di setiap pertandingan.

"Pengalaman, pengalaman memenangkan pertandingan besar, penampilan konsisten. Kami kini berada di peringkat lima besar dunia sejak 2018, jadi menurut saya tidak ada periode lain dalam 30-40 tahun terakhir yang mengalami hal serupa," imbuh Southgate.

Dengan hasil imbang Inggris sudah dapat memastikan satu tempat di Piala Eropa 2024 Jerman, sementara jika Italia menang maka mereka akan merebut posisi puncak klasemen grup C.

Saat ini, Inggris ada di urutan satu grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan 13 poin dari lima laga, diikuti Italia (10 poin) dan Ukraina (10 poin dan sudah bermain enam kali).

Piala Eropa 2024 Kualifikasi Piala Eropa 2024 Timnas Inggris Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.273

Bagikan