Jadi Polemik, LIB Ungkap Alasan Persija atau Persib Bisa ke Play-off Piala AFC 2023/2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 April 2023
Jadi Polemik, LIB Ungkap Alasan Persija atau Persib Bisa ke Play-off Piala AFC 2023/2024
Pertemuan Persija Jakarta dengan Persib Bandung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. (LIB)

BolaSkor.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus, menjelaskan alasan mengapa Persija Jakarta atau Persib Bandung bisa tampil di play-off Piala AFC 2023/2024. Menurut Ferry, keputusan itu berdasarkan rekomendasi dari AFC.

Sebelumnya, PT LIB melalui rilisnya menyebutkan bahwa Indonesia mempunyai tiga slot untuk berlaga di kompetisi Asia. Dalam hal ini adalah play-off Liga Champions Asia (LCA), Piala AFC, dan play-off Piala AFC.

PSM Makassar (juara Liga 1 2022/2023) dan Bali United (juara Liga 1 2021/2022) akan saling berhadapan demi tiket play-off LCA. Skema ini dilakukan imbas dari pandemi COVID-19.

Nantinya tim yang kalah di babak play-off itu berhak tampil di babak grup Piala AFC. Sedangkan tim pemenang akan mewakili Indonesia di play off LCA.

Slot ketiga yang berhak tampil di play-off Piala AFC akan diberikan kepada tim runner-up Liga 1 musim ini, Persija atau Persib. Ini berdasarkan rekomendasi AFC karena ada penyesuaian jadwal Kualifikasi LCA dengan Kualifikasi Piala AFC.

Baca Juga:

Persebaya Kalahkan Arema FC dalam Derbi Jatim di Jakarta

PSIS Bertekad Happy Ending Lawan Bali United

Persebaya Nyaris Gagal Menang, Aji Santoso Bela Arief Catur

AFC akan menggelar Kualifikasi Liga Champions Asia pada 8-22 Agustus. Sedangkan Kualifikasi Piala AFC pada 1-23 Agustus.

"Saya belum tahu persis seperti apa detailnya, jadi dulu itu play-off Liga Champions dulu baru (play-off) Piala AFC. Sekarang ini kalau saya melihat jadwal, hampir berhimpitan,” kata Ferry Paulus.

"Makanya kita tanya ke AFC, kok jadwalnya berhimpitan seperti ini. Lalu mereka jawab, ini memang jadwal yang baru dan implementasinya kita kirim saja siapa (wakil Asia) dari hasil play-off (lokal), lalu runner-up-nya siapa.”

Namun, Ferry tidak mau memberikan kepastian. Dia akan berkomunikasi kembali dengan PSSI dan AFC.

"Saya nggak berani mendahului, tetapi bisa jadi itu (wakil play-off Liga Champions tak bisa terlempar ke Piala AFC) poinnya. Jadi submit juara dan runner-up ke AFC itu awal Juni,” ujar Ferry.

"Sebelum itu, kita punya ruang banyak untuk persiapan tim di awal Mei.”

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Persija jakarta Persib Bandung Psm makassar Bali United Liga Champions Asia AFC Cup Piala AFC Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan