Inggris 3-0 Senegal: The Three Lions Tantang Prancis di Perempat Final

Arief HadiArief Hadi - Senin, 05 Desember 2022
Inggris 3-0 Senegal: The Three Lions Tantang Prancis di Perempat Final
Timnas Inggris 3-0 Senegal (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Inggris terlalu tangguh bagi juara Piala Afrika, timnas Senegal. Pada 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Senin (05/12) dini hari WIB, The Three Lions menang telak 3-0 dan akan menantang juara bertahan Piala Dunia, Prancis, di perempat final.

Inggris dan Senegal baru pertama kali ini bertemu di ajang Piala Dunia. Gareth Southgate memainkan taktik 4-3-3 untuk Inggris dengan mengandalkan Bukayo Saka, Harry Kane, Phil Foden di depan, sedangkan Senegal arahan Aliou Cisse bermain dengan formasi 4-2-3-1.

Inggris sempat dibuat waswas kala Senegal menciptakan peluang di kotak penalti kala Boulaye Dia berlari di antara dua bek Inggris, Harry Maguire dan John Stones, tetapi Maguire mampu menyentuh bola hingga bola diamankan oleh Jordan Pickford.

Inggris perlahan mengatur tempo bermain dan mengurung Senegal di pertahanan. Kesabaran Inggris menyerang baru berbuah gol di menit 38. Berawal dari serangan yang dibangun di sisi kanan pertahanan Senegal, Jude Bellingham memberikan assist yang dikonversi jadi gol oleh Jordan Henderson. 1-0 Inggris unggul.

Baca Juga:

Prancis 3-1 Polandia: Kylian Mbappe Gendong Les Bleus ke Perempat Final

Bintang Laga Prancis Vs Polandia: Kylian Mbappe Tak Terhentikan

Daftar Top Skorer Sementara Piala Dunia 2022: Mbappe, Rashford, dan Morata Saling Sikut

Jelang turun minum pertahanan Senegal kembali terbuka. Kali ini dari serangan balik dengan kombinasi Phil Foden, yang memberi assist, dan Harry Kane mengonversinya jadi gol. Inggris unggul 2-0 atas Senegal di paruh waktu.

Aliou Cisse langsung melakukan tiga pergantian pemain di awal babak kedua dengan masuknya Pape Sarr, Pape Gueye, dan Bamba Dieng. Tetapi sekali lagi kualitas individu di antara kedua skuad jadi pembeda.

Inggris kembali menjauh dan mencetak gol 'pembunuh' laga di menit 58. Lagi, Foden jadi kreator serangan Inggris yang memberi assist dan kemudian kali ini diubah menjadi gol oleh winger Arsenal, Bukayo Saka. 3-0 Inggris kian menjauh.

Selepas gol ketiga itu Inggris menurunkan tempo bermain dan bertahan serta mengandalkan serangan balik, sesekali mendominasi dengan penguasaan bola. Senegal - sederhananya - tak punya solusi untuk menciptakan peluang berbahaya di kotak penalti Inggris.

Empat menit tambahan waktu diberikan di penghujung laga. Tidak ada lagi gol yang tercipta di Al Bayt Stadium, Inggris menang 3-0 atas Senegal dan akan bertemu Prancis di perempat final Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Eric Dier 77'), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Kalvin Phillips 82'), Declan Rice, Jude Bellingham (Mason Mount 76'); Bukayo Saka (Marcus Rashford 65'), Harry Kane, Phil Foden (Jack Grealish 65').

Pemain Cadangan: Nick Pope, Aaron Ramsdale, Jack Grealish, Marcus Rashford, Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Eric Dier, Conor Coady, Trent Alexander-Arnold, Mason Mount, Callum Wilson, James Maddison, Conor Gallagher.

Pelatih: Gareth Southgate

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs (Fode Ballo-Toure 84'); Pathe Ciss (Pape Gueye 46'), Nampalys Mendy; Krepin Diatta (Pape Sarr 46'), Iliman Ndiaye (Bamba Dieng 46'), Ismaila Sarr; Boulaye Dia (Famara Diedhiou 72').

Pemain Cadangan: Seny Dieng, Alfred Gomis, Formose Mendy, Pape Abou Cisse, Nicolas Jackson, Moussa N’Diaye, Fode Ballo-Toure, Pape Sarr, Famara Diedhiou, Bamba Dieng, Moustapha Name, Mamadou Loum, Pape Gueye.

Pelatih: Aliou Cisse

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Inggris Timnas Inggris Senegal Timnas Senegal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan