Implementasi VAR di Liga 1 Memasuki Tahap Ketiga, Pelatihan Replay Operator

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 16 November 2023
Implementasi VAR di Liga 1 Memasuki Tahap Ketiga, Pelatihan Replay Operator
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra. (Istimewa)

BolaSkor.com - Progres perencanaan penggunaan video asistent referee (VAR) untuk Liga 1 telah memasuki tahap ketiga. Kali ini, calon Replay Operator mendapat pelatihan.

Mereka mendapat pelatihan dari Hawk Eye, sebagai penyedia teknologi pembantu wasit itu. Pelatihan digelar di Jakarta sampai Selasa (21/11) pekan depan.

"Pelatihan dan persiapaan ini tentu yang pertama wasitnya untuk menjadi VAR dan AVAR (asisten VAR). Yang kedua adalah Replay Operator (RO), karena nanti ada tiga orang penting dalam pelaksanaan VAR," kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra, Kamis (16/11).

Baca Juga:

Persib Tak Lakukan Uji Coba saat Jeda Internasional

Evan Dimas ke PSIS Jadi Penyelamat Finansial Arema FC

"Ada VAR, AVAR, dan Replay Operator-nya adalah yang saat ini sedang dilakukan training step pertama," tambahnya.

Replay Operator nantinya akan bertugas untuk memberikan gambaran berupa tayangan video yang dibutuhkan oleh wasit pemimpin pertandingan.

"Karena Replay Operator ini adalah yang akan melakukan pemotongan gambar, melakukan feeding kepada VAR dan AVAR untuk melakukan keputusan atas kejadian di lapangan," ujar Asep.

"Dari tanggal 13-20 (November) ini, rekanan kami, sekaligus kami deklarasi juga bahwa STP (selective technology provider) kami adalah dengan Hawk Eye," tambahnya.

Penggunaan VAR di Liga 1 2023/2024 ditargetkan mulai pada Februari 2024 mendatang.

"Kami terus terus berproges ke depan, pada step tiga ini kami bisa memenuhi target, rencana kami di akhir Februari nanti (VAR) bisa diimplementasikan," kata Asep.

Asep Saputra Liga 1 PT LIB PT Liga Indonesia Baru Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.042

Bagikan