Olimpiade Paris 2024

Hasil Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea: Gol Eks Barcelona Kubur Mimpi Garuda Muda ke Olimpiade 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 09 Mei 2024
Hasil Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea: Gol Eks Barcelona Kubur Mimpi Garuda Muda ke Olimpiade 2024
Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Prancis, Kamis (9/5). (PSSI)

BolaSkor.com - Gol tunggal mantan pemain Barcelona, Ilaix Moriba, mengubur mimpi Timnas Indonesia U-23 berlaga di Olimpiade 2024. Penalti Moriba memastikan Guinea menang 1-0 atas Garuda Muda dalam laga play-off yang berlangsung di Stade Pierre Pibarot, Prancis, Kamis (9/5).

Laga baru berjalan dua menit, Guinea mendapat peluang pertama. Tapi sepakan Aguibou Camara dari luar kotak penalti Timnas Indonesia U-23 masih melambung.

Guinea kembali mendapat kesempatan di menit 12. Sebuah cut back dari Ousmane Camara berhasil disapu oleh Muhammad Ferarri.

Setelah dikurung oleh Guinea di 15 menit pertama, Timnas Indonesia U-23 baru mendapat shot on target saat laga memasuki menit 17. Pratama Arhan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi bola terlalu lemah dan mengarah ke kiper Guinea, Sylla Soumaila.

Berselang 10 menit, Jeam Kelly melakukan percobaan dari dalam kotak penalti Guinea. Tetapi bola dihalau oleh pemain Guinea.

Hanya beberapa menit kemudian, dalam sebuah serangan balik, Guinea mendapat penalti setelah Witan Sulaeman melakukan pelanggaran. Ilaix Moriba yang menjadi eksekutor tendangan 12 pas menjalankan tugasnya dengan baik. Guinea unggul 1-0.

Baca Juga:

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea: Eks Barcelona Starter

Nostalgia Timnas Indonesia di Olimpiade - Kisah Ramang Vs Lev Yashin

Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea Dipantau Thierry Henry

DI akhir babak pertama, Rafael Struick punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Namun, saat akan melepaskan tembakan dari depan gawang Guinea, Sow Saidou berhasil melakukan sapuan sehingga hanya menghasilkan lemparan ke dalam untuk Garuda Muda.

Guinea juga nyaris menambah keunggulan akibat kesalahan Nathan Tjoe-A-On saat akan melakukan sapuan. Beruntung, Ernando Ari masih bisa menghalau peluang Guinea.

Memasuki babak kedua, tempo permainan sedikit menurun. Namun, Guinea sempat mendapatkan momentum saat Alseny Soumah tinggal menceploskan bola ke gawang kosong. Untungnya, Nathan dengan sigap menghalau bola tersebut.

Menit 67, Marselino Ferdinan dengan aksi individunya berhasil menerobos pertahanan Guinea. Namun, aksi itu tidak menjadi gol.

Pada menit 72, Alfeandra Dewangga dianggap melakukan pelanggaran terhadap Algassime Bah di dalam kotak penalti, Wasit Francois Letexier menunjuk titik putih untuk kedua kalinya bagi Guinea.

Keputusan ini diprotes dengan keras oleh kubu Timnas Indonesia U-23, bahkan pelatih Shin Tae-yong sampai diberikan kartu merah.

Setelah laga dilanjutkan, Algassi Bah yang jadi penendang penalti gagal menceploskan bola, sehingga skor 0-1 untuk Guinea tidak berubah.

Timnas Indonesia U-23 kemudian merespons itu dengan sebuah upaya dari Ramadhan Sananta. Namun, sepakan pemain Persis Solo masih diblok bek Guinea.

Sampai laga usai, skor 0-1 untuk Guinea tidak berubah. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 harus mengubur mimpinya berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu, Guinea sebagai pemenang di laga ini akan tergabung di Grup A Olimpiade 2024 bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Olimpiade 2024 akan berlangsung pada 24 Juli sampai 9 Agustus mendatang.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari Sutaryadi; Muhammad Ferarri, Nathan Tjoe-A-On, Komang Teguh (Alfeandra Dewangga,50'); Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer (Ramadhan Sananta,60'), Witan Sulaeman, Rafael Struick (Hokky Caraka,89')

Pelatih: Shin Tae-yong

Guinea U-23 (4-3-3): Soumaila Sylla; Ibrahim Diakite, Saidou Sow, Mohamed Soumah, Madiou Keita; Issiaga Camara (Fode Camara,65'), Aguibou Camara, Ilaix Moriba; Ousmane Camara (Momo Toure,87'), Algassime Bah, Facinet Conte (Aiseny Soumah,46')

Pelatih: Kaba Diawara.

Timnas indonesia u-23 Guinea Olimpiade Olimpiade 2024 Olimpiade Paris 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.441

Bagikan