Hasil Final Piala Dunia Wanita 2023: Tumbangkan Inggris, Spanyol Raih Trofi Pertama

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Minggu, 20 Agustus 2023
Hasil Final Piala Dunia Wanita 2023: Tumbangkan Inggris, Spanyol Raih Trofi Pertama
Spanyol Vs Inggris (Twitter Timnas Inggris)

BolaSkor.com - Tim nasional wanita Spanyol meraih kemenangan tipis 1-0 kontra Inggris pada laga puncak Piala Dunia Wanita 2023, di Stadium Australia, Minggu (20/8). Ini adalah pertama kalinya Spanyol juara Piala Dunia Wanita.

Spanyol melangkah ke laga puncak setelah menyingkirkan Swedia di semifinal dengan skor 2-1. Sementara itu, Inggris memupus mimpi tuan rumah, Australia, setelah unggul 3-1.

Pada awal babak pertama, Inggris mencoba mengambil inisiatif serangan. Namun, penjaga gawang Spanyol, Cata Coll, masih berada di posisi yang tepat untuk membendung bola.

Memasuki menit ke-16, Inggris kembali menebar ancaman. Kali ini, tembakan melengkung Lauren Hemp yang menggunakan kaki kiri masih membentur tiang gawang.

Baca Juga:

Tolak Tawaran Selangit Al Hilal, Mbappe Dikabarkan Pilih Real Madrid

Update Transfer: Chelsea Kontrak Caicedo hingga 2031, Real Madrid Dapatkan Kepa

Jawaban Mauricio Pochettino Terkait Rumor Chelsea Incar Kylian Mbappe

Beberapa kali menekan, Inggris justru kebobolan pada menit ke-29. Olga Carmona membawa La Roja unggul 1-0.

Gol bermula dari manuver Olga Carmona dari sisi sayap. Kemudian, sepakan kaki kiri sang kapten bersarang di sudut kanan bawah gawang Inggris.

Hingga babak pertama usai, tidak ada lagi gol yang tercipta. Spanyol menuju ruang istirahat dengan keadaan memimpin 1-0.

Spanyol memiliki kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan setelah mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-68. Keira Walsh menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang.

Namun, tembakan Jenni Hermoso masih bisa digagalkan Mary Earps. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol tidak berubah.

Tertinggal, Lionesses mencoba meningkatkan intensitas serangan. Inggris punya kesempatan menyamakan kedudukan pada menit ke-76 melalui serangan dari sisi sayap. Namun, Cata Coll masih bisa menyelamatkan bola.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Spanyol pun meraih trofi Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Sejauh ini, Amerika Serikat masih menjadi negara tersukses di Piala Dunia Wanita usai meraih empat gelar. Sementara itu, Jerman menyusul di posisi kedua dengan dua trofi.

Susunan pemain:

Spanyol (4-3-3): Cata Coll; Ona Batlle, Irene Paredes, Laia Codina, Olga Carmona; Teresa Abelleira, Aitana Bonmati, Jenni Hermoso; Alba Redondo, Mariona Caldentey, Salma Paralluelo.

Pelatih: Jorge Vilda

Inggris (3-4-1-2): Mary Earps; Jess Carter, Millie Bright, Alex Greenwood; Lucy Bronze, Keira Walsh, Georgia Stanway, Rachel Daly; Ella Toone; Lauren Hemp, Alessia Russo.

Pelatih: Sarina Petronella Wiegman

Piala Dunia Wanita
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.481

Bagikan