Goran Pandev dan Para Pencetak Gol Tertua di Piala Eropa

Arief HadiArief Hadi - Senin, 14 Juni 2021
Goran Pandev dan Para Pencetak Gol Tertua di Piala Eropa
Goran Pandev (Twitter)

BolaSkor.com - Tim debutan Piala Eropa Makedonia Utara telah memainkan pertandingan pertamanya di Piala Eropa 2020 ketika melawan Austria di National Arena, Minggu (13/06) malam WIB. Makedonia kalah 1-3.

Sempat menyamakan kedudukan dari gol Goran Pandev (28') yang membalas gol Stefan Lainer (18'), Austria memenangi laga dengan dua gol berikutnya yang dicetak Michael Gregoritsch (78') dan Marko Arnautovic (89'). Austria unggul penguasaan bola 63 persen.

Meski kalah penampilan tanpa beban Makedonia Utara di pertandingan itu layak diapresiasi. Tim arahan Igor Angelovski bermain tanpa beban dan lepas hingga dapat meladeni permainan Austria.

Gol dari Pandev tak lepas dari sorotan Angelovski. Pemain berusia 37 tahun yang membela Genoa mengukir rekor sebagai pencetak gol kedua tertua di Piala Eropa setelah Ivica Vastic.

Baca Juga:

5 Kuda Hitam Paling Menjanjikan di Piala Eropa 2020

5 Tim dengan Kedalaman Skuad Terbaik di Piala Eropa 2020

5 Hal Menarik dari Laga Pertama Grup C Piala Eropa 2020

"Selalu ada kekecewaan yang tersisa ketika Anda kalah dalam pertandingan, tetapi saya hanya bisa bangga dengan para pemain yang mencapai Piala Eropa 2020 dan mereka dapat mengangkat kepala mereka tinggi-tinggi," tutur Angelovski.

"Saya sangat senang untuk Goran karena dia mencetak gol pertama bersejarah untuk Makedonia Utara di Piala Eropa, tetapi kami sekarang harus mengalihkan perhatian kami ke dua pertandingan grup yang tersisa."

"Saya juga kehilangan kata-kata untuk menggambarkan bagaimana perasaan saya tentang atmosfer fantastis yang dihasilkan penggemar kami. Kami bermain melawan tim yang tidak pernah berhenti berlari dan berusaha untuk menutup mereka sebanyak yang kami bisa."

Goran Pandev jadi pencetak gol tertua kedua di Piala Eropa setelah Ivica Vastic pada usia 37 tahun 321 hari. Lantas siapa saja pencetak gol tertua lainnya?

1. Ivica Vastic - Piala Eropa 2008

Ivica Vastic adalah mantan pesepak bola pada posisi gelandang dan juga striker. Sepanjang karier profesionalnya Vastic tidak pernah membela klub besar di Eropa, tetapi ia punya 50 caps dan 14 gol di timnas Austria.

Pada Piala Eropa 2008 Vastic jadi pemain tertua yang dipanggil Josef Hickersberger dalam skuad Austria. Vastic jadi penyelamat Austria kala memainkan fase grup kontra Polandia.

Tertinggal dari gol Roger Guerreiro di menit 30, Vastic yang masuk dari bangku cadangan mencetak gol penalti di menit 90+3 dan laga berakhir imbang 1-1.

2. Zoltan Gera - Piala Eropa 2016

Zotan Gera merupakan nama yang tidak asing lagi dengan sepak bola Hungaria, bahkan saat ini ia melatih timnas Hungaria U-21 setelah jadi asisten pelatih timnas senior. Gera, mantan gelandang, pernah membela Ferencvaros, West Bromwich Albion, dan Fulham.

Gera pensiun pada 2017 dengan catatan 97 caps dan 26 gol. Pada Piala Eropa 2016 Gera berusia 37 tahun dan mencetak gol ketika Hungaria imbang 3-3 melawan Portugal di fase grup Piala Eropa 2016.

Tiga gol Portugal lahir dari gol Luis Nani dan dua gol Cristiano Ronaldo, sementara Hungaria oleh Gera dan dua gol Balazs Dzsudzsak.

3. Gareth McAuley - Piala Eropa 2016

Tidak hanya masuk sejarah Piala Eropa dengan gol bunuh dirinya kala melawan Wales pada Piala Eropa 2016, Gareth McAuley juga jadi salah satu pemain tertua yang mencetak gol kala Irlandia Utara menang 2-0 atas Ukraina.

Bek tengah yang pernah membela Leicester City dan West Brom mencetak gol pembuka pada menit 49 sebelum Niall McGinn mencetak gol kemenangan di menit 90+6. McAuley mencetak gol di usia 36 tahun 194 hari.

4. Jan Koller - Piala Eropa 2008

Drama lima gol terjadi pada laga terakhir fase grup Piala Eropa 2008 antara Turki dengan Republik Ceko. Turki menang dramatis 3-2 melalui Arda Turan dan dua gol Nihat Kahveci, sementara dua gol Ceko dilesakkan Jan Koller dan Jaroslav Plasil.

Gol Koller dicetaknya di menit 34 pada usia 35 tahun 77 hari. Koller, eks striker Borussia Dortmund dan AS Monaco, penyerang ikonik Ceko karena tinggi badannya menjulang mencapai 2,02 meter. Duel bola udara sudah menjadi 'sarapan; sehari-hari Koller.

5. Christian Panucci - Piala Eropa 2008

Nama legendaris dari Italia. Mantan bek AC Milan, Real Madrid, dan Inter Milan kini menjadi pelatih dan sebelumnya melatih Livorno, Ternana, dan timnas Albania. Christian Panucci berumur 35 tahun pada Piala Eropa 2008.

Pertandingan fase grup berjalan sengit antara Italia melawan Rumania berakhir imbang 1-1. Diwarnai penyelamatan penalti Gianluigi Buffon dari peluang Adrian Mutu, Panucci mencetak gol di menit 56 membalas gol dari Mutu semenit sebelumnya. Panucci melakukannya pada usia 35 tahun 62 hari.

Selain kelima nama itu ada juga Andri Shevchenko (35 tahun 256 hari) dan Giorgios Karagounis (35 tahun 102 hari) sebagai pencetak gol tertua Piala Eropa lainnya.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Trivia Sepak Bola Piala eropa Piala Eropa 2020 Goran Pandev
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.255

Bagikan