FIFA dan PSSI Lakukan MoU, 5 Bidang Jadi Fokus Utama

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 10 November 2023
FIFA dan PSSI Lakukan MoU, 5 Bidang Jadi Fokus Utama
Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Ketum PSSI Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - FIFA melakukan MoU dengan PSSI di Jakarta, Jumat (10/11). MoU ini dilakukan disela-sela peresmian kantor FIFA di Jakarta, Menara Mandiri II.

FIFA resmi berkantor di Indonesia, tepatnya di Menara Mandiri, Jakarta. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan langsung kantor FIFA, Jumat (10/11) pagi WIB.

Hadir dalam peresmian Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir. Hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Dalam MoU tersebut, Ketum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino melakukan sejumlah kerja sama. FIFA akan memberikan pembinaan dalam pengembangan dan pembangunan sepak bola Indonesia. Itu termasuk diberikan pada bidang Administrasi dan Tata Kelola, Stadium safety and security, Football integrity, Women's football, dan perwasitan.

Baca Juga:

Berkantor di Jakarta, Presiden Jokowi: Semoga Banyak Event Digelar

Presiden Jokowi Meresmikan Kantor FIFA di Jakarta

"Jadi, ini harus diapresiasi dengan komitmen semua. Mulai dari pengurus PSSI, pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh masyarakat untuk bekerja keras dan bersama-sama memajukan sepak bola. Jika FIFA saja percaya sepak bola kita bisa maju, maka kita harus lebih yakin lagi," ujar Erick Thohir.

Indonesia tidak setengah hati menyiapkan fasilitas Kantor FIFA Jakarta tersebut. Pada kantor dengan luas 926 meter persegi tersebut disediakan fasilitas lengkap, mulai dari Kantor Presiden FIFA, Kantor Wakil Presiden FIFA, menyediakan tiga kantor kepala departemen, Conference Room, Meeting Room, Staff Workspace, Exhibition Area, Lounge, hingga Executive Lounge.

Berkenaan kantor FIFA tersebut, Erick Thohir mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia dan FIFA sangat baik dan saling timbal balik demi memperkuat persepak bolaan Indonesia.

Sebagai bukti, di sisi Indonesia, bukan hanya menyiapkan kantor FIFA di Indonesia, namun pemerintah Jokowi juga menyiapkan Training Center (TC) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

TC seluas 30 hektar itu disiapkan dengan fasilitas lengkap yang meliputi delapan lapangan, asrama, hingga gedung latihan dalam ruangan.

FIFA sendiri, kata Erick Thohir, memberikan bantuan secara optimal. Salah satu buktinya adalah dikucurkannya dana FIFA Forward senilai 1,25 juta USD atau setara dengan Rp19,2 miliar.

“Dana bantuan yang diberikan kepada Indonesia itu merupakan pendanaan FIFA Forward terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Erick.

Pssi Fifa Gianni Infantino Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.694

Bagikan