Fernando Valente Rasakan Atmosfer Persahabatan pada Persebaya Vs Arema FC di GBT

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 25 September 2023
Fernando Valente Rasakan Atmosfer Persahabatan pada Persebaya Vs Arema FC di GBT
Pelatih Arema FC, Fernando Valente. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Arema FC tak mampu mengubah statistik minor dalam lawatannya ke Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Dalam Derbi Jatim Sabtu (23/9), Arema FC menelan kekaahan 1-3 saat menantang Persebaya.

Kekalahan itu membuat Tim Singo Edan hanya mampu mencuri 1 angka pada hasil imbang 2-2 di final leg pertama Piala Presiden 2019. Sedangkan saat putaran pertama Liga 1 2018, Persebaya juga menang 1-0 atas Arema FC di Stadion GBT.

Fernando Valente sendiri mengakui bahwa Persebaya memang layak memenangkan Derbi Jatim kali ini. Namun, ada hal yang lebih penting dalam kacamatanya sepanjang 90 menit pertandingan melawan Persebaya di GBT.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Dramatis, Gol di Ujung Laga Buat Persib Menang di Kandang Bhayangkara FC

Persebaya Gilas Arema FC 3-1, Persik Raup Tiga Poin

"Kami menaruh respek terhadap suporter Persebaya yang respek terhadap Arema FC. Itulah alasan kenapa saya mesti respek kepada mereka," tutur Pelatih Arema FC asal Portugal tersebut.

Apresiasi itu tak terlepas dari atmosfer suporter yang berjalan seperti seharusnya. Psywar melalui nyanyian suporter berjalan wajar tanpa ada satupun insiden negatif selama 90 menit baik di lapangan maupun di tribun stadion.

"Karena sepak bola itu permainan yang menarik dan (partai derbi) ini dibutuhkan di seluruh dunia," bilang pelatih berlisensi UEFA Pro berusia 64 tahun tersebut.

Fernando Valente pun ikut berharap bahwa semua derbi harus kembali ke hakikat sepak bola, yaitu rivalitas hanya 90 menit di lapangan. Tidak ada lagi psywar yang berlebihan hingga berujung kekerasan.

"Selama 90 menit dua tim bertanding dan kita harus belajar dari masa lalu karena sepak bola itu adalah kegembiraan bukan permusuhan," tutup eks pelatih Shahktar Donetsk di Liga U-19 Ukraina tersebut. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Persebaya surabaya Arema FC Fernando Valente Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan