Erick Thohir Terima Surat dari FIFA, Ada Catatan untuk Perbaikan JIS

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 25 Juli 2023
Erick Thohir Terima Surat dari FIFA, Ada Catatan untuk Perbaikan JIS
Jakarta International Stadium atau JIS (Instagram.com/jakintstadium)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menerima surat dari FIFA pada tanggal 20 Juli 2023. Dalam surat itu FIFA memberikan catatan yang harus segera ditindaklanjuti PSSI terkait venue Piala Dunia U-17 2023, terkhusus mengenai persoalan Jakarta International Stadium (JIS).

"Di sini (surat) jelas FIFA bilang bahwa salah satunya ini (JIS) harus diperbaiki. Kalau tidak, akan jadi major risk saat pelaksanaan (pertandingan). Jadi ini bukan politisasi soal rumput dan nanti ada catatan-catatan lain yang bisa jadi referensi. Memang (surat) dari FIFA (salah satunya) catatan (mengenai) JIS, tidak ada yang lain," kata Erick Thohir di Jakarta, Selasa (25/7).

Erick Thohir langsung mengirimkan surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Menpora diharapkan menyurati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait renovasi JIS sesuai catatan dari FIFA.

"Dan memang mereka (FIFA) akan turun ke lapangan untuk cek sekali lagi," ucap Erick.

Baca Juga:

Semifinal dan Final Piala Dunia U-17 2023 di Solo, FIFA yang Menentukan

PSSI Undang Timnas Jerman untuk Hadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Erick mengatakan delegasi FIFA dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 28 Juli hingga 2 Agustus 2023 untuk melakukan inspeksi. FIFA akan mengecek kesiapan venue, kualitas lapangan, dan kesiapan tim service.

"Tentu lapangan baru yang kita usulkan seperti JIS di sini juga jangan jadi polemik lagi karena kita mau sukseskan (Piala Dunia) U-17," tutur Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria menjelaskan bahwa salah satu standardisasi FIFA terkait stadion adalah fast recovery. Yang dimaksud Tisha adalah seberapa cepat lapangan itu bisa kembali digunakan dalam waktu berdekatan.

"Karena ini digunakan untuk turnamen yang bisa jadi main sehari bisa dua kali. Jeda dua hari langsung main lagi," tutur Tisha.

Piala Dunia U-17 2023 akan diikuti oleh 24 tim, termasuk Timnas Indonesia U-17 selaku tuan rumah. Perhelatan ini rencananya berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Selain JIS, PSSI mengajukan tujuh stadion lainnya ke FIFA. Ketujuh stadion itu di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung). Lalu Stadion Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Pakansari (Bogor).

Pssi Jakarta International Stadium Fifa Erick thohir Ratu Tisha Destria Piala Dunia U20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan