Timnas Indonesia

Erick Thohir Sebut Pelatih Lokal Pengganti Nova Arianto Diputuskan Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 21 Februari 2024
Erick Thohir Sebut Pelatih Lokal Pengganti Nova Arianto Diputuskan Shin Tae-yong
Shin Tae-yong bersama asistennya, Nova Arianto. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara kemungkinan menunjuk seorang pelatih lokal untuk menjadi salah satu asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Peluang itu terbuka setelah PSSI memberikan tugas baru kepada Nova Arianto, yakni menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16. Diketahui, Nova menjadi perwakilan pelatih lokal di jajaran staf kepelatihan Shin Tae-yong.

Nova bergabung sejak tahun 2020 dan masih dipertahankan oleh Shin Tae-yong sampai saat ini. Selain Nova, Shin Tae-yong dibantu oleh sejumlah asisten lainnya, seperti Shin Sang-gyu, Kim Bong-soo, dan Choi In-cheul.

Sebetulnya, PSSI sempat memberikan kesempatan kepada dua pelatih lokal, yakni Charis Yulianto dan Haryanto Prasetyo menjadi bagian dari tim kepelatihan Shin Tae-yong.

Keduanya diminta bergabung oleh Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menggelar persiapan menghadapi Palestina dan Argentina dalam FIFA Matchday periode Juni 2023.

Baca Juga:

Erick Thohir Berharap Dua Senjata Rahasia Timnas Indonesia Bisa Tampil Lawan Vietnam

Ada Peran Shin Tae-yong di Balik Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-16

"Enggak tahu (soal pengganti Nova Arianto), itu nanti keputusannya dari coach Shin Tae-yong. Tapi yang pasti, coach Nova akan membantu coach Shin Tae-yong dan coach Indra Sjafri," kata Erick Thohir.

Sebelumnya, Nova Arianto sempat memberikan penjelasan terkait posisinya di staf kepelatihan Shin Tae-yong. Nova menyebut kalau dia masih menjadi asisten Shin Tae-yong, sampai Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang.

"Setelah itu saya akan fokus di Timnas U-16," ujar Nova.

Kendati demikian, Nova belum mengetahui sampai kapan ia ditugaskan di Timnas Indonesia U-16. Mantan bek Timnas Indonesia itu menyebut kontraknya masih disiapkan oleh PSSI.

"Tapi fokus saya adalah persiapan Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17,” ujar pelatih berusia 45 tahun itu.

Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-16 Nova arianto Shin Tae-yong Erick thohir Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan