Ada Peran Shin Tae-yong di Balik Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-16

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 19 Februari 2024
Ada Peran Shin Tae-yong di Balik Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-16
Shin Tae-yong bersama asistennya, Nova Arianto. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Nova Arianto membeberkan proses penunjukannya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16. Nova menyebut ada peran Shin Tae-yong di balik keputusan tersebut.

Nova bercerita, ia mendapatkan tawaran menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 saat sedang menjalankan tugas di Piala Asia 2023. Nova merupakan salah satu asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Ada tiga pihak yang mengajak Nova berkomunikasi saat itu. Ketiganya yakni Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji dan manajer Timnas Indonesia Endri Erawan.

"Prosesnya ini awalnya dari Qatar, ya. Waktu itu saat kita (Timnas Indonesia) di Qatar. Waktu itu ada pak ketum, waktu itu ada pak Endri dan pak Mardji (Sumardji), ya. Waktu itu kita komunikasi. Dan situasinya kan (timnas) U-16 tidak ada pelatih," kata Nova Arianto.

Baca Juga:

PSSI Jelaskan Alasan Penunjukan Nova Arianto sebagai Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16

Indra Sjafri Jadi Supervisi Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Erick Thohir bersama Sumardji dan Endri kemudian menanyakan kesiapan Nova Arianto mengemban jabatan tersebut. Nova mengatakan Erick juga sempat meminta pendapat dari Shin Tae-yong.

"Akhirnya saya ditanya kesiapannya untuk bisa memegang di (Timnas) U-16. Dan setelah pak ketum berkomunikasi dengan Coach Shin (Tae-yong) dan akhirnya Coach Shin menyampaikan kepada saya kalau saya diberi kesempatan untuk melatih di Timnas U-16," ucap Nova.

Namun, Nova belum tahu sampai kapan dipercaya memegang kemudi Timnas Indonesia U-16. Ia untuk sementara ini ditugaskan membentuk Timnas U-16 untuk tampil di dua ajang internasional.

"Sampai kapannya saya masih belum tahu karena masih bicara masalah kontrak. Tetapi fokus saya di Piala AFF sama di Kualifikasi Piala Asia," tutur mantan bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2008 tersebut.

Nova Arianto sudah memimpin langsung seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-16 di Jakarta yang dihadiri 32 pemain. Seleksi ini dimulai pada hari ini, Senin (19/2) dan akan berakhir pada 21 Februari.

Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-17 Nova arianto Shin Tae-yong Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.456

Bagikan