Eks Penyerang Timnas Indonesia Bicara soal Rivalitas dengan Malaysia di Piala AFF

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 18 Desember 2021
Eks Penyerang Timnas Indonesia Bicara soal Rivalitas dengan Malaysia di Piala AFF
Pertemuan Timnas Malaysia dengan Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2010. (AFP/Kamarul Akhir)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga terakhir di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Laga tersebut bakal digelar di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12) malam WIB.

Pertandingan ini jelas akan menyedot perhatian banyak pihak, terutama media, mengingat rivalitas kedua tim yang sudah mengakar lama. Rivalitas di antara Timnas Indonesia dengan Malaysia membuat laga ini dilabeli sebagai Derby Nusantara.

Mantan penyerang Timnas Indonesia, Budi Sudarsono, tidak menampik bahwa Malaysia memang salah satu rival terbesar Timnas Indonesia di kawasan Asia Tenggara, selain Thailand. Budi juga mengaku jika harus memilih lawan yang paling berkesan yang ia hadapi di Piala AFF, maka jawabannya adalah Malaysia.

"Karena mungkin sepertinya sudah dari dulu itu bahwa musuh bebuyutan (Timnas Indonesia), ya, Malaysia. Jadi ibaratnya itu kita boleh kalah sama tim lain, tapi jangan kalah lawan Malaysia. Itu jadi motivasi berlipat," kata Budi Sudarsono kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Vs Malaysia, Zaenal Arif Sebut Lawan Tak Sehebat Era Safee Sali

Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, Pelatih Singapura Tak Masalah

Laga antara Indonesia dan Malaysia memang kerap menghadirkan cerita tersendiri bagi kedua tim. Baik Indonesia dan Malaysia, sama-sama pernah memberikan kenangan pahit satu sama lain.

Timnas Indonesia pernah menyingkirkan Malaysia secara dramatis di semifinal Piala AFF 2004, yang kala itu masih bernama Piala Tiger. Saat semifinal leg pertama yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia, 1-2.

Hasil di leg pertama itu tentu membuat kans Timnas Indonesia untuk melaju ke final menjadi menipis karena leg kedua bakal digelar di kandang Malaysia. Namun, Timnas Indonesia berhasil membalikkan semua prediksi.

Ilham Jaya Kesuma dkk. tampil heroik di Stadion Bukit Jalil. Sempat tertinggal 1-0 di babak pertama, tim Merah-Putih berhasil melakukan comeback sensasional di babak kedua dengan mencetak empat gol sehingga agregat menjadi 5-3 untuk Indonesia. Skuat Garuda berhasil mengubur asa Malaysia ke final di depan para pendukungnya.

Namun, saat Piala AFF 2010, giliran Timnas Indonesia dan para pendukungnya yang dibuat kecewa. Kali ini kedua tim bertemu di babak final dan dimenangkan oleh Malaysia.

Pada leg pertama yang digelar di Bukit Jalil, Malaysia menang telak 3-0 atas Indonesia. Sayangnya, pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, meski menang 2-1, Indonesia kalah agregat 2-4. Pahit. Skuat Timnas Indonesia dan para suporternya harus melihat Malaysia mengangkat Piala AFF untuk pertama kali sepanjang sejarah mereka di markas kita sendiri.

Timnas Indonesia Timnas malaysia Budi Sudarsono Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.340

Bagikan