Dubes Rusia Kembali Bicara Wacana Timnas Rusia Vs Indonesia, Berharap Digelar di SUGBK

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 14 Juni 2023
Dubes Rusia Kembali Bicara Wacana Timnas Rusia Vs Indonesia, Berharap Digelar di SUGBK
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, jelang melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Ar

BolaSkor.com - Duta Besar Rusia Lyudmila G Vorobieva kembali bicara soal wacana pertandingan persahabatan Timnas Rusia melawan Indonesia. Terbaru, ia menyampaikan harapan agar pertandingan bisa diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Wacana ini muncul menyusul kunjungan sang Dubes ke Kemenpora untuk menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo pada 11 Mei lalu. Dubes Rusia dijelaskan mengajak untuk menggelar pertandingan persahabatan.

"Kita perlu mengadakan (pertandingan) di Jakarta. Di Stadion Gelora Bung Karno yang dibangun oleh Uni Soviet dan merupakan salinan persis (Stadion) Luzhniki," katanya dalam wawancara dengan RIA Novosti, Rabu (14/6).

Dubes Rusia juga menyampaikan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno dibuka pada 1962 dan dibangun atas permintaan Presiden Sukarno.

Baca Juga:

Janji Pemain Timnas Indonesia di Laga Kontra Palestina

Persiapan Timnas Indonesia Tidak Ideal, Shin Tae-yong Berharap Dukungan Penuh Suporter

Ia menambahkan bahwa Bung Karno menyukai Stadion Luzhniki sehingga meminta untuk membangun stadion yang sama di Jakarta. "Akan sangat logis dan benar jika pertandingan terjadi di stadion ini. Itu akan menjadi simbol lain dari hubungan baik kita."

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat disinggung soal wacana pertandingan Timnas Indonesia melawan Rusia saat memastikan kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Saya rasa FIFA Matchday dengan beberapa negara besar kita alokasikan, seperti tahun ini dengan Argentina. Setelah itu fokus kualifikasi Piala Dunia, tahun depan pasti kita alokasikan."

"Saya juga sudah kontak dan dapat respons positif dari Maroko, Brasil, Portugal, dan Rusia, tetapi begini kita hanya boleh milih satu lawan (besar) setiap tahun. Kalau setiap tahun lawannya Argentina, Brasil, kapan naiknya ranking kita. Jadi kita harus mempersiapkan pertandingan untuk timnas kita untuk raih ranking, tetapi juga ada pertandingan bahwa kita dipercaya dunia," sambungnya.

Timnas Indonesia Rusia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan