Drawing 27 Juli, Siapa Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia?

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 06 Juli 2023
Drawing 27 Juli, Siapa Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia?
Pemain Timnas Indonesia saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, jelang lawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Lawan Timnas Indonesia di kualifikasi bersama Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027 akan diketahui pada 27 Juli. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menggelar drawing.

Drawing akan digelar di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia. Ini untuk menentukan pertemuan di putaran pertama dan kedua kualifikasi.

Sebagai tim berperingkat 150 FIFA atau urutan 28 di regional Asia, Indonesia harus memulai kualifikasi dari putaran pertama. AFC telah menetapkan urutan ke-28 hingga 45 Asia memulai dari putaran pertama.

Total 18 tim termasuk Indonesia dibagi ke dalam dua pot. Indonesia masuk di pot pertama bersama Taiwan, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, Nepal, dan Kamboja.

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Pantang Menyerah demi Kembali ke Timnas Indonesia

Timnas Irak Dapat Pukulan Telak Sebelum Bersaing dengan Indonesia di Piala Asia 2023

Tim pot pertama akan dipertemukan dengan salah satu dari pot kedua, yang diisi Makau, Mongolia, Bhutan, Laos, Bangladesh, Brunei Darussalam, Timor Leste, Pakistan, dan Guam. Pertemuan digelar dua kali (kandang dan tandang) pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Sembilan pemenang dari putaran pertama akan melaju ke putaran kedua. Di putaran kedua sudah menunggu 27 tim, yang merupakan urutan pertama sampai 27 regional Asia.

Total 36 tim pun akan unjuk gigi di putaran kedua. Ke-36 tim tersebut dibagi ke sembilan grup, sehingga masing-masing grup diisi empat tim dan akan bersaing dengan format kandang-tandang round-robin, antara November 2023 dan Juni 2024.

Sembilan juara grup dan masing-masing runner-up akan melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia, sekaligus menyegel tempat di Piala Asia AFC 2027 yang akan digelar di Arab Saudi.

Drawing putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia akan digelar pada 2024 di mana 18 tim akan dibagi menjadi tiga grup yang terdiri dari enam tim; dua teratas dari setiap grup (6 tim) akan lolos langsung ke Piala Dunia FIFA 2026.

Dua tim AFC lainnya akan ditentukan di babak keempat kualifikasi Piala Dunia, dengan kemungkinan satu tempat lagi tersedia melalui Intercontinental Playoff. Asia mendapat 8,5 slot di Piala Dunia.

Timnas Indonesia Piala Dunia 2026 Piala Asia Afc
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan