Diduga Terlibat Kasus Suap Komite Wasit, Joan Laporta dan Bawahannya di Barcelona Diperiksa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 19 Oktober 2023
Diduga Terlibat Kasus Suap Komite Wasit, Joan Laporta dan Bawahannya di Barcelona Diperiksa
Presiden Barcelona, Joan Laporta (Twitter)

BolaSkor.com - Isu mengenai kasus suap wasit atas nama Jose Maria Enriquez Negreira, eks Wakil Presiden Komite Teknik Wasit (CTA), belum berakhir dan FC Barcelona kembali dalam sorotan pada kasus tersebut.

Kali ini, sebagaimana diwartakan oleh Reuter, Presiden Barcelona (Joan Laporta) dan Direktur Barcelona juga secara resmi diselidiki terkait kasus suap komite wasit yang dilakukan selama dua tahun.

Pada Maret, jaksa penuntut mengajukan keluhan atas dugaan pembayaran lebih dari 7,3 juta euro selama 17 tahun kepada perusahaan yang dimiliki Negreira, kala ia menjabat jadi Wakil Presiden CTA pada medio 1993-2018.

Laporta memulai periode keduanya di Barcelona pada 2021, tetapi ia juga pernah jadi Presiden Barcelona pada medio 2003-2010. Bulan lalu, Joaquin Aguirre Lopez selaku hakim penyelidik menilai Barcelona mendapatkan keuntungan darinya hingga klub terus diselidiki terkait dugaan 'penyuapan aktif'.

Baca Juga:

Januari 2024, Lionel Messi Bisa Balik ke Barcelona

Cara Cerdik Barcelona Dapatkan Joao Felix Secara Permanen

Pelatih Inter Miami Respons Kabar Lionel Messi Dipinjamkan ke Barcelona

Aguirre kini menilai Laporta dan mereka yang bekerja di bawahnya, di Barcelona, bertanggung jawab penuh pada pembayaran atau suap kepada Negreira serta putranya.

Pada Februari lalu, Barcelona membantah melakukan hal tersebut dan membuat pernyataan apabila klub telah membayar konsultan eksternal yang memberikan 'laporan teknis terkait wasit profesional'. Menurut Barcelona itu hal yang lumrah dilakukan klub-klub sepak bola profesional.

Pada Rabu (19/10), Barcelona juga memberitahu Reuters apabila bagian khusus hukum klub akan mengurus langsung kasus tersebut.

Di Spanyol, ditempatkan dalam penyelidikan formal tak mengartikan pada dakwaan dan tidak ada tuntutan resmi yang dapat diajukan, setidaknya sampai tahap pertama penyelidikan berakhir.

Barcelona FC Barcelona Joan laporta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan