Di Hadapan Suporter, Erick Thohir Janji Cabut Larangan Away pada Tahun Depan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 02 Oktober 2023
Di Hadapan Suporter, Erick Thohir Janji Cabut Larangan Away pada Tahun Depan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Minggu (1/10). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berjanji akan mencabut larangan suporter melakukan tur tandang atau awayday pada tahun depan (2024). Erick bakal membicarakan hal tersebut ke badan tertinggi sepak bola dunia, FIFA.

Sejak Tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 korban jiwa pada 1 Oktober 2022, PSSI melarang pertandingan Liga 1 dan Liga 2 dihadiri oleh suporter tim tamu. PSSI mengeklaim bahwa kebijakan itu berdasarkan masukan dari FIFA.

FIFA memberikan masa percobaan selama dua tahun kepada PSSI. Namun, setelah mendengar masukan dari para suporter yang tergabung di Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia atau PN-SSI, Erick berjanji akan meninjau ulang kebijakan tersebut.

Namun, Erick memberikan satu persyaratan. Yakni, suporter harus komitmen dalam menjalankan transformasi sepak bola Indonesia.

Baca Juga:

Terima Rekomendasi Suporter, Erick Thohir Bakal Bawa ke Exco PSSI

Satu Tahun Tragedi Kanjuruhan, Erick Thohir Pertegas Komitmen soal Transformasi Sepak Bola

Suporter juga diminta untuk menjalankan lima poin kesepakatan yang dihasilkan dalam simposium yang digelar di Jakarta pada 30 September dan 1 Oktober kemarin. Lima kesepakatan itu antara lain Unity (keberagaman), Identity (identitas), Humanity (kemanusiaan), Respect (saling menghormati), dan Creativity (kreatifitas).

"Tadi saya janjikan kalau ini berjalan dengan baik, saya akan mengusulkan ke FIFA tahun depan yang namanya transformasi selama 2 tahun tidak ada suporter yang kandang dan tandang bertemu, ya saya janjikan (dicabut)," kata Erick Thohir.

"Kalau ini bagus, semuanya disiplin, saya akan bicara sama FIFA (masa percobaannya) setahun (saja), jadi tahun depan sudah bisa dicabut (aturannya)," tutur Erick Thohir menambahkan.

Adapun regulasi mengenai larangan pertandingan dihadiri oleh tim tamu tidak hanya berlaku di kompetisi kasta tertinggi, yakni Liga 1. Pasalnya, Liga 2 juga menerapkan kebijakan serupa.

Pssi Fifa Suporter Liga 1 Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.353

Bagikan